Rabu , 4 Agustus 2021
Home / Kesehatan / Usir Kutil dengan 4 Cara Ini

Usir Kutil dengan 4 Cara Ini

ilustrasi

Tumbuhnya kutil bisa diakibatkan penularan virus yang menempel di kuku saat menggaruk, atau bisa saja pada sikat rambut dan alat cukur.

Kutil merupakan kulit yang tumbuh di atas permukaan kulit. Ada yang menyebut kutil merupakan tumor jinak yang tak berbahaya. Meski begitu, keberadaan kutil seringkali bikin risih.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya kutil di permukaan kulit. Diantaranya adalah akibat penularan virus yang menempel di kuku saat menggaruk, atau bisa saja pada sikat rambut dan alat cukur.

Berikut 4 tips mudah dan mujarab mengusir kutil;

1. Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat dan bahan yang cukup efektif untuk mengatasi dan menghilangkan kutil. Caranya juga cukup mudah, teteskan cuka apel pada kapas lalu tempelkan pada kulit layaknya mengobati luka. Agar tak mudah lepas, rekatkan dengan menggunakan isolasi yang membuat kandungan cuka apel bekerja secara efektif. Ganti kapas yang diolesi cuka apel jika kapas lama telah mongering. Lakukan berulang hingga beberapa hari sampai kulil hilang dengan sendirinya.

2. Bawang Putih

Bawang putih diketahui mengandung bahan aktif yang sangat baik untuk mengatasi dan menghilangkah kutil. Caranya juga cukup mudah, tumbuk halus satu siung bawang putih kemudian oleskan pada kutil yang tumbuh dan biarkan hingga mengering. Ulangi cara menghilangkan kutil ini selama beberapa hari hingga kutil terkelupas dengan sendirinya.

3. Kapur Sirih
Kapur sirih juga ampuh untuk menghilangkan kutil secara alami. Caranya, campurkan kapur sirih dengan deterjen dan oleskan pada kulit. Biarkan beberapa jam hingga mengering lalu ulangi lagi hingga beberapa hari sampai kutil terkelupas dari jaringan kulit.

4. Kulit Pisang

Kulit pisang bagian dalam ternyata juga memiliki khasiat untuk mengatasi kutil. Caranya, kerok kulit pisang bagian dalam dengan sendok lalu lembutkan hingga seperti bubur. Setelah itu oleskan pada kutil dan biarkan hingga mengering. Lakukan secara berulang cara menghilangkan kutil ini selama beberapa hari hingga kutil lenyap dengan sendirinya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *