Senin , 18 Oktober 2021
Home / Lifestyle / Tips Sukses Melakukan Presentasi Bagi Si Pemalu

Tips Sukses Melakukan Presentasi Bagi Si Pemalu

ilustrasi

Tidak mudah memang untuk tampil membawakan presentasi di depan orang banyak

Bagi Anda si pemalu atau introvert saat melakukan presentasi pastinya akan menjadi sebuah proses yang menakutkan dan sulit untuk dilalui, namun demikian karena pekerjaan dan perusahaan Anda, melakukan presentasi merupakan kewajiban dan merupakan suatu hal yang harus Anda lalui.

Sebelum Anda menyerah ada baiknya untuk mencermati 4 kiat berikut ini agar bisa lebih percaya diri saat melakukan presentasi.

Buat agenda

Tidak mudah memang untuk tampil membawakan presentasi didepan orang banyak, namun demikian jika saat ini Anda merasa kurang percaya diri dan tidak biasa tampil dihadapan orang banyak, ada baiknya untuk membuat agenda, tentukan topik dan buat struktur pembahasan yang ingin Anda sampaikan. Dengan demikian presentasi Anda bisa dicermati dengan baik oleh audience dan meskipun dibalik semua itu Anda dalah seorang introvert.

Tiba lebih awal

Cara yang satu ini banyak dilakukan oleh mereka yang introvert ketika waktunya memberikan presentasi. Cobalah untuk tiba di ruangan, lokasi yang ditentukan lebih awal, kenali ruangan dan lakukan adaptasi dengan lingkungan sekitar. Dengan demikian Anda akan bisa lebih rileks dan familiar dengan lingkungan sekitar. Jika memungkinkan lakukan meditasi secara singkat dan tenangkan pikiran Anda sebelum waktu presentasi dimulai.

Kenali secara personal orang-orang yang hadir saat presentasi

Hal yang satu ini baiknya selalu dilakukan untuk Anda introvert ataupun ekstrovert. Kenali lebih mendalam orang-orang yang akan melihat presentasi Anda, lakukan pendekatan dengan mereka dan cermati seperti apa sikap yang diberikan kepada Anda. Selain membantu Anda lebih familiar kegiatan ini juga bisa tampil lebih dihadapan audience yang akan melihat presentasi Anda.

Tepat waktu

Ketika presentasi telah dilakukan cobalah untuk menyampaikan semua isi presentasi sesuai dengan slide yang telah Anda tampilkan, jika diperlukan berikan sedikit cerita atau penjelasan secara personal kepad audience Anda. hindari terlalu banyak atau panjang saat memberikan presentasi dan upayakan untuk bisa membuat audience tetap fokus dengan semua isi presentasi yang Anda sampaikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu singkat memberikan presentasi, meskipun Anda introvert bukan berarti Anda harus mengabaikan kesempatan Anda untuk tampil membawakan presentasi yang ada.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *