Senin , 29 November 2021
Home / Sumenep / Usir Wartawan Saat Liputan, Puluhan Wartawan Sumenep Kepung Mapolres Sumenep

Usir Wartawan Saat Liputan, Puluhan Wartawan Sumenep Kepung Mapolres Sumenep

focusmadura.com-Jurnalist Sumenep gelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Sumenep

Wartawan Sumenep Gelar Aksi Unjuk Rasa Di Mapolres Sumenep Dan Kecam Keras Aksi Pengusiran Saat Liputan

Puluhan Wartawan harian yang bertugas di Kabupaten Sumenep hari ini menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Sumenep, serta mengecam keras tindakan pengusiran, yang dilakukan oleh AKP Moh. Amin (Kasat Reskrim Polres Sumenep), yang melakukan pengusiran sejumlah wartawan yang meliput di aula Sutanto pada saat terjaring nya 17 pengunjung cafe ilegal dan beberapa wanita penghibur dari cafe remang-remang tersebut.

Seluruh jurnalis lintas komunitas dari berbagai media cetak online dan elekronik di Kabupaten Sumenep,  gelar aksi demo di depan Polisi Resort (Polrest) Kabupaten Sumenep, terkait insiden pengusiran wartawan saat melakukan peliputan cafe beberapa waktu lalu, jurnalis desak desak  Kasat Reskrim AKP Nur Amin segera dimutasi dari Kabupaten Sumenep.

Koordinator aksi salah satu wartawan televis swasta sekaligus ketua Komunitas Jurnalis Sumenep Abdurahem dalam orasinya, mengatakan insiden pengusiran terhadap wartawan, yang dilakukan oleh Kasat Reskrim Polres Sumenep Moh Nur Amin telah menciderai UU Pers No. 40 Tahun 2016, yang mengamanahkan kebebasan menyampaikan amanah pendapat dan informasi.

“Dalam Undang-Undang pasal 2 diterangkan kemerdekaan Pers, dan ini yang perlu dicatat bahwa jurnalis hadir bukan untuk membunuh, melainkan memenuhi hak hak warga negara,”terangnya Senin (16/05/2016)

Selain itu ia menambahkan terkait  insiden tersebut, wartawan Sumenep mengutuk keras karena telah menghalang-halangi tugas wartawan. Bahkan ia menilai perbuatan tersebut telah mendiskriminasi wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kami menilai indikasi tindakan Kasat Reskrim itu, telah terencana melakukan pengusiran hal itu merupakan pembunuhan karakter, terhadap para jurnalis,”ucapnya

Dikatakannya  atas sikap sok angkuh Kasat Reskrim menuntut kepada Kasat Reskrim Harus meminta maaf kepada para jurnalis, permintaan maaf tersebut harus dilakukan di depan umum dengan di saksikan oleh jurnalis, serta petinggi Polres Sumenep.

” untuk mengantisipasi kejadian berulang kasat Reskrim harus di mutasi,”terangnya

Menandatangani maklumat pernyataan jurnalis Sumenep dengan ditanda tangani oleh perwakilan jurnalis dan petinggi Polres Sumenep, dalam hal ini (Kapolres, Waka Polres, Waka Polres, Kabag OPS, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kabag Humas, Kabag Sumda)

Selain itu meminta Kapolres Sumenep untuk tidak menutup diri terhadap kasus pengusiran yang dilakukan anak buhanya kepada wartawan,”kami meminta tuntutan tersebut ditindak lanjuti dan direalisasikan. Jika tidak maka para jurnalis akan melaporkan kasus kriminalisasi kedewan pers, Polda dan Polri,”ucapnya.(syem/ros/red)

 

 

About focus

Lihat Juga

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Taretan Ngopi Bagikan Takjil Gratis

Sumenep,- Sejumlah pemuda yang tergabung dalam taretan ngopi, Sumenep, Madura – Jawa Timur membagikan takjil …

Apa Kabar Bandara Kepulauan Kangean???

Sumenep-, Rencana pembangunan Bandar Udara (BANDARA) untuk dikepulauan Kangean bukan menjadi hal yang baru lagi, …

Minyak Kayu Putih Sumenep Menjanjikan Peningkatan Perekonomian

Sumenep-, Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan …

Warga Sapeken Keluhkan Pelayanan Bank BRI Unit Arjasa

Arjasa-, Warga pulau Sapeken Keluhkan program pemerintah BPUM UMKM, lantaran jadwal penerimaan dari BANK BRI …

SEBERAPA PENTINGKAH DEBAT?

Oleh : Rausi samorano (forpkot) Sumenep-, Dalam pagelaran kontestasi demokrasi baik itu pemilu maupun pilkada …

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *