Rabu , 1 Desember 2021
Home / Sumenep / Progran Pengentasan Buta Aksara Disinyalir Jadi Bancakan

Progran Pengentasan Buta Aksara Disinyalir Jadi Bancakan

focusmadura.com-peserta KF di Sumenep

Program Pemerintah Milliaran Rupiah Ini Hanya Dijadikan Formalitas

Sumenep- Berdasarkan data resmi Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep ada Sebanyak 77.035 orang masuk dalam kategori  buta aksara, atau keaksaraan fungsional (KF). Hal tersebut dapat kita lihat tidak adanya keseriusan pemerintah daerah Kabupaten Sumenep untuk menekan tingginya jumlah buta aksara, dimana Kabupaten Sumenep berada di nomor urut dua tertinggi se-Jawa Timur.

Hal ersebut dikemukakan oleh Hendri Kurniawan, pemerhati buta aksara Sumenep, yang menjelaskan bahwa pelaksanaan program pengentasan buta aksara ini hanya sekedar formalitas yang dibiayai ole anggaran pemerintah, sehingga terbukti jelas pada saat ini Kabupaten Sumenep menduduki peringka nomor dua tertinggi di Provinsi Jawa Timur.

“ uang negara dihambur-hamburkan, hasilnya tidak ada, jadi program tersebut dapat dikatakan hanya dijadikan formalitas saja “, tegasnya.

Menurut kajiannya, Hendri dengan tegas mengatakan bahwa polemik pengentasan buta aksara di Sumenep hanya dijadikan ajang bancakan anggaran oleh beberapa oknum penyelenggara saja, yaitu Dinas Pendidikan Sumenep, karena dengan anggaran Miliaran rupiah tersebut, seharusnya pengentasan buta aksara harus lebih jauh angka pengentasannya, bukan sedikit-demi sedikit yang semakin memperjelas adanya ketidakseriusan penyelenggara KF.

Tidak hanya itu, berdasarkan temuannya, ada beberapa PKBM yang tersebar di seluruh Kecamatan di Sumenep Madura, pelaksana nya adalah orang Dinas, dan pengawasannya pun minim, sehingga potensi-potensi terjadinnya penyelewengan pun sangat beresiko tinggi.

“  kalau memang serius seharusnya program dengan biaya milliaran rupiah tersebut harus maksimal “, imbuhnya.(arif/Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Taretan Ngopi Bagikan Takjil Gratis

Sumenep,- Sejumlah pemuda yang tergabung dalam taretan ngopi, Sumenep, Madura – Jawa Timur membagikan takjil …

Apa Kabar Bandara Kepulauan Kangean???

Sumenep-, Rencana pembangunan Bandar Udara (BANDARA) untuk dikepulauan Kangean bukan menjadi hal yang baru lagi, …

Minyak Kayu Putih Sumenep Menjanjikan Peningkatan Perekonomian

Sumenep-, Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan …

Warga Sapeken Keluhkan Pelayanan Bank BRI Unit Arjasa

Arjasa-, Warga pulau Sapeken Keluhkan program pemerintah BPUM UMKM, lantaran jadwal penerimaan dari BANK BRI …

SEBERAPA PENTINGKAH DEBAT?

Oleh : Rausi samorano (forpkot) Sumenep-, Dalam pagelaran kontestasi demokrasi baik itu pemilu maupun pilkada …

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *