Sabtu , 29 Januari 2022
Home / Hukum / PROGRAM DANA HIBAH PEMPROV JATIM 2020 DISELEWENGKAN, MASYARAKAT SUMENEP MINTA KPK USUT TUNTAS

PROGRAM DANA HIBAH PEMPROV JATIM 2020 DISELEWENGKAN, MASYARAKAT SUMENEP MINTA KPK USUT TUNTAS

Sumenep -, Diduga kuat banyak penyelewengan pada realisasi dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur di pulau Madura, khususnya di Kabupaten Sumenep mulai menuai banyak perhatian masyarakat, pasalnya masyarakat besar harapan pada program pemerintah tersebut untuk bermanfaat dengan yang sebagaimana mestinya.

Untuk Kabupaten Sumenep saja, tercatat ada 37 lebih nama penerima puluhan milliyar rupiah dana hibah Pemprov Jatim tahun 2020 yang tersebar di wilayah daratan maupun kepulauan, namun ada beberapa yang terindikasi diselewengkan atau fiktif.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu aktifis pro rakyat kecil Sumenep, Abd Rifa’ie, yang menjelaskan bahwa pada kasus ini, kembali lagi rakyat kecil menjadi korban atau tumbal, karena menurutnya dampak dari ulah segelintir oknum, rakyat tidak dapat menerima manfaat dari program pemerintah, sehingga sangat wajib lembaga Negara sekelas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turun tangan guna mengusut tuntas kasus ini, meski tanpa menunggu laporan dari pihak manapun, KPK wajib usut tuntas, karena dugaan kasus di dana hibah Pemprov Jawa Timur tahun 2020 ini sudah banyak media yang memberitakan, jadi sekarang tinggal bagaimana diusut tuntas.

“ KPK wajib turun, meski tidak ada laporan resmi dari pihak manapun, karena kasus ini menyebabkan banyaknya kerugian Negara, yang pada akhirnya masyarakatlah yang menjadi tumbalnya, terlebih ditengah pemulihan ekonomi ditengah Pandemi Covid-19 saat ini “, ungkap Abd Rifa’ie.

Selain itu menurut Rifa’ie, kenapa kasus dugaan penyelewengan dana hibah Pemprov Jawa Timur tahun 2020 untuk Kabupaten Sumenep sangat wajib diusut tuntas KPK?, hal tersebut dikarenakan kasus ini sebenarnya sudah terang-benderang, tinggal melakukan investigasi secara intens, ciduk pelakunya, agar persoalan serupa tidak kembali terulang.

“ beberapa waktu yang lalu, salah satu media televisi Nasional telah melakukan investigasi, berarti kasus ini tidak main-main lah, sehingga tidak ada alasan lain untuk KPK turun tangan guna mengusut tuntas kasus ini, karena disini selain Negara rugi, rakyat kecil pula yang jadi korbannya “, jelasnya.

Rifa’ie juga menambahkan, bahwa dari hasil penelusurannya, dari kesekian paket program dana hibah Pemprov Jatim tahun 2020 tersebut, wilayah Kepulauan Sumenep lah yang banyak bermasalah, menurutnya entah itu fiktif, tidak sesuai spek dan dikorupsi.

“ rata-rata penerima dana hibah ini adalah tempat ibadah, lembaga pendidikan agama dan yayasan, semoga KPK dapat mengusut tuntas kasus ini, kasihan rakyat kecil “,pungkasnya.(red)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

PEMKAB SUMENEP BERPOTENSI PECUNDANGI PTUN?(1)

Sumenep-, Menjelang pelaksanaan PILKADES serentak di Kabupaten Sumenep tahun 2021, segala kesiapan pun telah dipersiapkan, …

MAFIA PUPUK SEMAKIN MERAJALELA, ADA APA DENGAN DISPERTAHORTBUN SUMENEP

Sumenep-, Polemik berkepanjangan tentang pupuk bersubsidi di Kabupaten Sumenep semakin memanas, usai mendapat kecaman keras …

DBHC-HT 2021 SUMENEP UNTUK SIAPA?

Melalui catatan ini, pertama, saya ingin menyampaikan permintaan maaf. Kedua untuk menjawab rasa penasaran yang …

Ini Waliyullah Leluhur Ulama dan Umara Sumenep

Ket.Foto: Situs Parongpong, di dusun ini terdapat tiga asta waliyullah Sumenep. (Mamira.ID) Nama Parongpong memang …

DENDAM PERSELINGKUHAN, IRT TEGA BUNUH BALITA YATIM

Sumenep-, Warga Sumenep Madura digegerkan dengan hilangnya sosok balita berinisial SNI usia 4 tahun, warga …

Berbagi Berkah di Bulan Ramadan, Taretan Ngopi Bagikan Takjil Gratis

Sumenep,- Sejumlah pemuda yang tergabung dalam taretan ngopi, Sumenep, Madura – Jawa Timur membagikan takjil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.