Rabu , 4 Agustus 2021
Home / Lifestyle / Studi: Punya Banyak Teman Bikin Tubuh Lebih Sehat

Studi: Punya Banyak Teman Bikin Tubuh Lebih Sehat

ilustrasi

Ternyata ada kaitannya antara jumlah teman dengan kualitas kesehatan seseorang.

Punya banyak teman tentu sangat membahagiakan, apalagi bila mereka adalah teman-teman yang membawa pengaruh positif bagi kita. Hidup tak hanya akan terasa lebih bersemangat, tetapi juga bisa membuat kita lebih sehat.

Sebuah studi terkini menemukan bahwa orang yang memiliki banyak teman, tubuhnya lebih tahan terhadap sakit. Kesimpulan ini didapat setelah para peneliti melakukan studi terhadap 101 orang sehat untuk menanyakan berapa banyak teman dekat yang dimilikinya.

Pengertian teman dekat dalam studi ini adalah orang yang dianggap dekat dan berkomunikasi paling tidak seminggu sekali. Sementara teman lainnya adalah yang melakukan kontak sebulan sekali.

Para peneliti kemudian meminta partisipan untuk melakukan wall sit, yakni punggung menempel pada dinding dengan kaki seperti duduk menekuk 90 derajat. Ini merupakan posisi untuk mengetahui toleransi nyeri pada tubuh.

Hasil studi menunjukkan ternyata orang-orang yang memiliki lebih banyak teman lebih mampu untuk bertahan pada posisi tersebut lebih lama. Ini terjadi, kata peneliti, karena aktivitas endorfin dalam tubuh orang-orang yang punya banyak teman lebih kuat.

Endorfin itu sendiri merupakan senyawa kimia yang dilepaskan otak untuk membuat seseorang merasa senang, menjaga kekebalan tubuh dan bisa membantu mengurangi rasa nyeri. Studi sebelumnya mengungkapkan endorfin juga terkait dengan ikatan sosial, sehingga kemungkinan orang yang memiliki hubungan sosial yang kuat memiliki toleransi rasa nyeri yang tinggi.

“Berdasarkan apa yang kami temukan dalam penelitian, untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental diperlukan hubungan sosial yang baik. Ketika memiliki rasa terhubung dengan orang lain, kemampuan kita dalam mengatasi nyeri juga lebih baik,” jelas pemimpin studi dari University of Oxford, Inggris, Katerina Johnson.

Temuan inilah yang membuat para peneliti berkesimpulan bahwa memiliki banyak teman, tak hanya akan membuat seseorang bahagia, tetapi juga membuat tubuh jadi lebih sehat. (Time)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *