Selasa , 18 Mei 2021
Home / Kesehatan / Rutin Mandi Sauna Cegah Risiko Pikun saat Lansia

Rutin Mandi Sauna Cegah Risiko Pikun saat Lansia

Efek sauna seperti latihan fisik.

Mandi sauna yang membuat Anda berkeringat tak hanya bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah hingga membakar kalori.

Sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan University of Eastern Finland menemukan manfaat sauna yang juga dapat menurunkan risiko pikun atau demensia alzheimer dan penyakit jantung.

Temuan ini didapat setelah peneliti mengalisis kebiasaan sauna 2300 laki-laki Finlandia paruh baya selama lebih dari 20 tahun. Dalam studi tersebut peneliti menemukan, lelaki yang sauna 4-7 kali dalam seminggu mengalami penurunan risiko demensia alzheimer sebanyak 66 persen dibandingkan mereka yang sauna seminggu sekali.

“Kami menemukan ada efek yang besar dari mandi sauna terhadap kemampuan mengingat responden yang semakin tajam meski berusia paruh baya,” ujar Jari Laukkanen peneliti senior.

Ia menambahkan, sauna dapat melindungi seseorang dari risiko kepikunan karena efeknya seperti latihan fisik. Detak jantung akan meningkat dan seseorang akan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak.

“Setelah sauna, Anda mungkin memiliki tekanan darah yang lebih rendah, dan tekanan darah merupakan faktor risiko penting dalam penyakit kardiovaskular dan penurunan fungsi memori. Ini mungkin salah satu penjelasan yang mungkin logis untuk temuan kami,” tambah Laukkanen.

Perwakilan komunitas yang rutin melakukan mandi sauna, Hannu Pitkanen mengatakan bahwa dirinya merasakan ketenangan usai mandi sauna. Ini pula yang mungkin membuatnya tetap sehat dan bugar meski telah berusia 81 tahun. (Foxnews)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *