Minggu , 24 Oktober 2021
Home / Kesehatan / Penyakit Ini Sering Muncul Saat Puasa

Penyakit Ini Sering Muncul Saat Puasa

www.harianaceh.co.id_2016-06-08_00-40-12

Biasanya dipicu oleh pola makan berlebihan

Kesehatan- Puasa yang dilakukan dengan tepat memang banyak mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Sayangnya yang terjadi tidak sepenuhnya demikian. Beberapa orang cenderung ‘balas dendam’ saat berbuka sehingga bukannya sehat yang didapat, justru beragam masalah kesehatan muncul selama bulan puasa.

Nah untuk mengetahui apa saja gangguan kesehatan yang timbul selama puasa? Berikut pemaparan  dokter spesialis penyakit dalam Siloam Hospital Kebon Jeruk, dr. Epistel P. Simatupang.

1. Kembung
Kembung merupakan salah satu gangguan pencernaan yang sering dialami orang selama berpuasa. Alasannya adalah makan dan minum yang terlalu berlebihan saat sahur atau berbuka. Untuk itu Epistel menyarankan agar seseorang mengonsumsi makanan secukupnya dan penuhi asupan serat yang cukup sehari-hari.

2. Konstipasi atau sembelit
Susah buang air besar juga merupakan gangguan pencernaan yang banyak dialami orang yang berpuasa. Penyesuaian pola makan dua kali sehari membuat orang kerap mengabaikan konsumsi sayur dan buah yang efektif memperlancar sistem pencernaan. Belum lagi konsumsi air putih yang kerap tergantikan dengan berbagai minuman manis. Untuk mengatasinya, Ia menyarankan agar seseorang memperbanyak konsumsi serat dan air minimal 8 gelas sehari.

3. Maag
Pola makan yang tak teratur menjadi penyebab timbulnya maag. Sebagian orang yang tak kuat untuk bangun dini hari memilih untuk mengabaikan makan sahur. Akibatnya maag pun tak terelakkan.

“Belum lagi konsumsi makanan pedas, atau makan ‘balas dendam’ ketika buka puasa juga dapat memicu timbulnya maag. Oleh karena itu biasakan untuk menyempatkan sahur dan memgonsumsi makanan secara perlahan saat berbuka puasa,” imbuhnya.

4.GERD
Kondisi asam lambung meningkat hingga ke esofagus sering dialami para penderita GERD. Biasanya GERD akan kambuh jika seseorang terlalu berlebihan saat buka puasa atau sahur. Belum lagi konsumsi makanan tinggi lemak atau kopi yang menjadi kegemaran banyak orang. Untuk itu seseorang dengan kondisi GERD harus menghindari faktor risiko diatas agar tak mengalami kekambuhan selama puasa.

5.  Sakit kepala
Gula darah yang menurun selama berpuasa kerap membuat orang yang berpuasa menjadi mengantuk. Sayangnya aktivitas di kantor atau sekolah memaksa mereka untuk tetap terjaga di siang hari. Akibatnya kondisi sakit kepala pun sering dikeluhkan orang-orang saat berpuasa. Dokter Espitel merekomendasikan untuk mencukupi kebutuhan tidur dan tidak begadang saat berpuasa.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *