Selasa , 15 Juni 2021
Home / Kesehatan / Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. Pemilihan desain dan perabot dalam ruang keluarga juga bisa menggambarkan karakter, dan kepribadian seseorang.

Karena itu, psikolog anak dan keluarga, Ajeng Raviando, menuturkan sebagai “jantung” rumah, penting untuk membuat ruang keluarga yang dapat menciptakan kenyamanan dan kehangatan di dalam rumah. Sehingga, kehadiran ruangan ini bisa membantu orangtua menjalani pola asuh untuk anak-anak mereka.

“Tidak ada tempat di mana keluarga bisa ngumpul, bincang santai, bercanda selain di ruang keluarga. Di sinilah akan tercipta ikatan, dan kedekatan emosional,” ungkap dia dalam Peluncuran Katalog IKEA 2018di Tangerang, Rabu (30/8/2017).

Agar bisa memberikan kehangatan serta kenyamanan, kata Ajeng, sebaiknya libatkan anggota keluarga dalam pemilihan jenis, bentuk dan warna saat sedang mendesain ruang keluarga yang sesuai keinginan masing-masing individu.

Jika terlalu banyak usulan, sambungnya, ambil jalan tengah dengan memadupadankan berbagai konsep yang disukai masing-masing anggota keluarga. Misalnya, warna netral dengan warna yang lebih cerah.

“Ruang tamu dan ruang keluarga sudah menyatu. Di rumah itu individunya berbeda-beda, umurnya bervariasi, jadi tetap perlu dilibatkan. Perlu intervensi anggota keluarga dalam menentukan pemilihan ruang keluarga agar semuanya merasa nyaman,” tandasnya.

Dengan cara ini, hubungan keluarga pun akan menjadi lebih dekat, dan membuat semuanya betah berlama-lama, merasa nyaman, tentram dan aman. Pasalnya, kata Ajeng, itulah fungsi sebenarnya dari ruang keluarga.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Berkaki Kurus, Waspadai Diincar Penyakit Ini

Kondisi kaki yang kurus bisa jadi tanda yang menunjukkan Anda mengidap gangguan metabolik. Sebuah studi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *