Rabu , 19 Mei 2021
Home / Kepulauan / Minyak Kayu Putih Sumenep Menjanjikan Peningkatan Perekonomian

Minyak Kayu Putih Sumenep Menjanjikan Peningkatan Perekonomian

Sumenep-, Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.

Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula diusahakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas, sama halnya seperti di Madura khususnya di Kabupaten Sumenep, yang terdapat beberapa kawasan percontohan yang telah memproduksi minyak kayu putih tersebut.

Minyak dari tanaman kayu putih atau minyak kayu putih ini, umumnya digunakan sebagai antiseptik alami, pengharum, sampai bahan kosmetik. Hingga ditengah pandemi Covid-19 saat ini, beberapa ahli menyatakan baik untuk menghirup aroma minyak kayu putih.

” Lahan kami di Sumenep sangat berpotensi untuk ditanami tanaman kayu putih tersebut, yang nantinya akan diolah menjadi minyak kayu putih, karena dari beberapa percontohan proses penyulingan kayu putih,minyak kayu putih yang dihasilkan kualitasnya cukup baik, sehingga kenapa tidak ada sentra minyak kayu putih dengan skala besar, sementara lahan pertanian di Sumenep khususnya di daerah Kepulauan sangat luas “, ungkap Badrul Aini, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sumenep.

Badrul juga berharap dengan kepemimpinan bupati baru Bapak Achmad Fauzi ini, dapat lebih maksimal untuk membangun Kabupaten Sumenep, terutama dari sisi ketahanan pangan dan pemberdayaan petani bisa terlaksana sehingga di program PAK nanti, pihaknya akan mengusulkan program pembagian bibit bagi kelompok tani di kepulauan untuk menanam komoditas kayu putih, sebab di masa pandemi covid-19, kayu putih ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk pengobatan alternatif,bahkan kebutuhan masyarakat terkait minyak kayu putih ini sangat tinggi.

Salah satu pogram unggulan di kepulauan Kabupaten Sumenep adalah pertanian, sehingga kita akan menanam kayu putih, sebab potensi kayu putih ini sangat luar biasa, kemudian lahan-lahan di kepulauan kangean ini sangat luas dan sangat memumpuni untuk dilakukan penanaman kayu putih

Badrul juga menambahkan bahwa kayu putih ini adalah kayu yang sangat tangguh di segala medan, bahkan jika ada kebakaran, maka kayu putih ini akan tumbuh lagi, sehingga ribuan masyarakat yang saat ini memiliki lahan dan tidak pernah tersentuh sama sekali akan kami kembangkan dan ditanami kayu putih .

Kami juga berharap kepada pemerintah daerah untuk selalu memberikan program bantuan seperti ini kepada masyarakat, karena masa panen kayu putih berkisaran 3 sampai 4 tahun dan harga jual untuk kayu putih ini bisa mencapai 40jt perhektare .saat ini ada beberapa desa di kepulauan yang sudah siap untuk ditanami kayu putih diantaranya Desa Sepanjang, Sabuntan, Kangayan dan beberapa tempat di Kecamatan Arjasa.

Disamping masyarakat, saat ini pihak perhutani sudah mulai menanam kayu putih dan kami berharap 2 sampai 3 tahun ini sudah ada pabrik penyulingan dan komoditi ini menjadi komoditi unggulan bagi masyarakat kepulauan, harap Badrul Aini.(syaif/red)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *