Kamis , 21 Oktober 2021
Home / Kesehatan / Manfaat Menakjubkan Menyanyi dan Menari bagi Anak

Manfaat Menakjubkan Menyanyi dan Menari bagi Anak

img_1038

Aktivitas menyenangkan ini manfaatnya jauh lebih banyak ketimbang main gadget.

Usia dua hingga enam tahun sering disebut sebagai ‘the play years’ atau usia bermain. Di usia ini, menurut Psikolog Anak, Roslina Verauli, M.Psi, orangtua harus terlibat dengan kegiatan main anak-anaknya.

Bermain bersama anak, sebenarnya tak hanya bisa dilakukan dengan permainan yang mahal, seperti gadget. Ternyata, bernyanyi dan menari memikiki manfaat jauh lebih banyak bagi buah hati Anda.

“Kegiatan ini punya kualitas yang sama seperti kegiatan bermain lainnya. Bahkan, keduannya telah dibuktikan memberikan korelasi yang signifikan terhadap kecerdasan anak dan kematangan emosionalnya,” ungkap Vera.

Selain menyenangkan, bernyanyi juga bisa membuat anak belajar nada, ketukan, irama dan pattern. Ini menjadi gerbang dalam proses belajar seorang anak.

Tak hanya itu bernyanyi juga memudahkan anak untuk berpikir dengan kata. Dia bisa belajar dari kata yang dinyanyikan atau yang baru saja disebut orangtuanya. Hal ini bisa membangun konstruksi bahasa anak menjadi baik.

“Misalnya anak ketika bernyanyi Balonku, sulit mengatakan ‘merah, kuning kelabu’ “, ibu bisa meluruskan kata yang ia ucapkan dengan lembut,” lanjut dia.

Tak hanya meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak, bernyanyi juga bisa membuat anak memahami emosinya. Saat sedih misalnya, Vera mencontohkan, lagu yang pilih ada lagu yang melow. Sebaliknya, saat senang, dia akan memilih lagu yang ceria.

Sedangkan menari, lanjut dia, anak akan lebih cepat tanggap mengikuti irama musik yang juga baik untuk keseimbangan, koordinasi motorik, kepekaan dan irama tubuh.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *