Selasa , 3 Agustus 2021
Home / Kesehatan / Lima Resep Umur Panjang yang Harus Dilakukan Pada 2017

Lima Resep Umur Panjang yang Harus Dilakukan Pada 2017

Tak terasa, pergantian tahun sudah di depan mata. Resolusi demi resolusi pun dipanjatkan oleh semua orang di dunia untuk menyambut tahun yang baru.

Satu dari beberapa resolusi yang mungkin dipanjatkan setiap orang adalah ingin berumur panjang pada 2017. Penelitian menunjukkan bahwa kunci umur yang panjang bergantung pada kebiasaan yang dilakukan orang setiap hari.

Kebiasaan hidup yang sehat tentu akan mengantarkan seseorang pada kesehatan fisik, mental dan emosional yang lebih baik. Dilansir oleh laman Medical Daily, berikut adalah lima tips yang harus dilakukan pada 2017 agar Anda panjang umur.

1. Terus optimis
Sikap optimis tak hanya mengantarkan seseorang pada gerbang kesuksesan. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology menemukan bahwa perempuan yang optimis memiliki risiko yang lebih rendah mengidap berbagai penyakit kronis seperti kanker, jantung, stroke dan gangguan pernapasan, dibandingkan perempuan yang pesimis.

Para peneliti percaya bahwa semakin optimis seseorang maka semakin besar kemungkinannya untuk mengadopsi hidup sehat. Peneliti berspekulasi, sifat optimistik membuat seseorang hidup lebih panjang karena terhindar dari berbagai penyakit.

2. Menjalani diet ala Jepang
Masyarakat Jepang dianggap memiliki tingkat harapan hidup tertinggi ketiga karena beberapa alasan. Peneliti berpendapat bahwa diet masyarakat Jepang yang banyak mengonsumsi ikan, buah dan sayuran menjadi alasannya. Studi yang dipublikasikan pada Maret lalu di Tokyo menemukan bahwa masyarakat Jepang memiliki risiko 15 persen lebih rendah meninggal karena penyakit kronis.

3. Konsumsi keju
Studi pada November lalu menemukan bahwa konsumsi keju secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Peneliti percaya, hasil fermentasi produk susu termasuk keju dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal yang berdampak pada penurunan risiko penyakit jantung koroner.

4. Berolahraga badminton secara rutin
Studi yang dilakukan tim peneliti Oxford menemukan manfaat dibalik olahraga badminton yang dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit apapun sebesar 47 persen. Namun secara keseluruhan, peneliti menekankan bahwa jenis olahraga apapun dapat berdampak positif bagi kesehatan.

5. Membaca Buku
Membaca buku memiliki manfaat yang signifikan untuk kelangsungan hidup Anda. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Social Science & Medicine menemukan bahwa orang yang membaca buku 3.5 jam seminggu mengalami penurunan risiko kematian sebanyak 17 persen.

“Meluangkan waktu untuk membaca buku dapat membawa manfaat yang signifikan bagi kesehatan Anda,” ujar Becca R. Levy, peneliti dari Yale University.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *