Selasa , 18 Mei 2021
Home / Kesehatan / Lima Penyakit Ini Ditandai dengan Kelelahan

Lima Penyakit Ini Ditandai dengan Kelelahan

Kelelahan

Jangan anggap sepele bila kelelahan, bisa jadi itu tanda penyakit.

Ketika sistem kekebalan tubuh bergulat dengan penyakit, maka banyak energi keluar dari tubuh Anda. Itu sebabnya kelelahan tak bisa dianggap enteng.

Dokter Roxanne Sukol dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa hampir semua penyakit ditandai dengan kelelahan. Namun tak sedikit yang meremehkan rasa lelah, karena dianggap akan sirna dengan sendirinya.

“Orang-orang meremehkan efek stres terhadap kesehatannya. Padahal stres membuat seseorang kelelahan, karena imun bekerja melawan penyakit,” ujarnya.

Untuk itu, Sukol mengingatkan bahwa ada beberapa penyakit yang ditandai dengan kelelahan seperti dikutip laman Prevention.

1. Anemia
Anemia adalah suatu kondisi di mana darah tidak memiliki sel-sel darah merah yang cukup untuk membawa oksigen. Sukol mengatakan, ada banyak jenis anemia, yang semuanya ditandai dengan kelelahan. Selain kelehan, anemia, lanjut dia juga disertai dengan kulit pucat, kuku rapuh, dan sakit kepala.

2. Diabetes
Selain ditandai dengan rasa haus yang berlebihan dan sering buang air kecil, kelelahan juga merupakan salah satu gejala pertama dari diabetes. Kelelahan terjadi ketika tubuh sedang berjuang untuk mengelola jumlah glukosa dalam darah.

3. Depresi
Depresi adalah gangguan otak yang dapat mengakibatkan suasana hati menjadi kacau dan kelelahan yang berat. Kelelahan yang berhubungan dengan depresi dapat membuat orang kehilangan gairah untuk melakukan tugas sehari-hari. Kesedihan mendalam, kehilangan nafsu makan, dan kesulitan konsentrasi merupakan gejala penyertanya.

4. Infeksi jantung
Infeksi atau peradangan pada jantung berasal dari bakteri dalam darah yang melekat pada lapisan dalam jantung. Biasanya kondisi ini lebih rentan dialami orang yang pernah mengalami kerusakan jantung atau yang memiliki katup jantung buatan. Demam dan menggigil juga gejala umum dari infeksi jantung ini.

5. Sleep apnea
Terblokirnya saluran pernapasan saat tidur membuat seseorang kesulitan bernapas dan tidur pun tak nyenyak sepanjang malam. Akibatnya kelelahan mendera di siang harinya. Jadi jangan remehkan kelelahan karena berdampak pada kondisi kesehatan Anda.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *