Rabu , 8 Desember 2021
Home / Lifestyle / Peneliti: Selfie Bisa Bikin Tambah Bahagia

Peneliti: Selfie Bisa Bikin Tambah Bahagia

663x442-india-resmi-tetapkan-zona-haram-selfie-160229z

Tidak selamanya selfie membawa dampak negatif.

Buat Para pembenci selfie, hasil penelitian ini mungkin bisa merubah cara pandang seseorang. Pengambilan gambar dengan kamera depan diketahui dapat meningkatkan rasa bahagia seseorang.

Peneliti dari University of California, Irvine menemukan bahwa pengambilan gambar selfie dan berbagi gambar dengan teman-teman memiliki efek positif dari sisi psikologis dan emosional mereka. Hasil penelitian tersebut kemudian dipublikasikan dalam jurnal Psychology of Well-Being.

Penulis meneliti 41 mahasiswa, 28 orang perempuan dan 13 mahasiswa yang secara rutin menjalankan rutinitas mereka di sekolah. Pada minggu pertama, para siswa diberitahu mendokumentasikan suasana hati mereka tiga kali per hari dengan menggunakan sebuah aplikasi. Kemudian menuliskan setiap peristiwa yang terjadi yang mungkin telah mempengaruhi bagaimana perasaan mereka.

Tiga minggu berikutnya, para siswa diminta untuk juga mengambil foto dan mereka merekam suasana hati mereka. Para relawan secara acak ditugaskan mengambil salah satu dari tiga jenis foto, selfie saat mereka tersenyum, mengambil gambar dari sesuatu yang membuat mereka bahagia, dan gambar dari sesuatu yang mereka pikir akan membuat orang lain bahagia. Lalu dikirim ke individu tersebut.

Pada akhir penelitian, para peneliti telah mengumpulkan lebih dari 2.000 dokumentasi suasana hati dari semua mata pelajaran. Mereka menemukan bahwa suasana hati yang positif meningkat di masing-masing kelompok, tetapi mereka dalam kelompok selfie dilaporkan menjadi lebih percaya diri dan nyaman dengan diri mereka sendiri dari waktu ke waktu.

Perlu dicatat adalah studi yang dilakukan relatif kecil dan jumlah peserta antara lelaki dan perempuan tidak merata. Sehingga belum bisa dibenarkan hasilnya jika mencakup populasi yang lebih besar.

Tetapi penelitian tidak memberikan beberapa wawasan lebih menggembirakan ketika datang ke teknologi, terutama mengingat kenyataan bahwa banyak penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa hal itu dapat mempengaruhi pada kesehatan mental.

“Anda melihat banyak laporan di media tentang dampak negatif penggunaan teknologi … tapi ada yang harus diperluas selama beberapa dekade terakhir untuk mempelajari apa yang dikenal sebagai ‘komputasi positif,’ dan saya pikir penelitian ini menunjukkan bahwa kadang-gadget dapat memberikan manfaat kepada pengguna,” tulis penulis senior Gloria Mark, seorang profesor informatika di UC Irvine, mengatakan dalam sebuah pernyataan. (Huffington Post)

 

About focus

Lihat Juga

Memukau, Sumenep Jazz 2018 Berhasil Hibur Ratusan Warga Sumenep

Sumenep – Dengan dibintangi dua artis dari ibu kota Jakarta, Mulan Jameela dan Iga Mawarni Sukses menghibur warga …

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *