Rabu , 1 Desember 2021
Home / Lifestyle / Hindari Kulit Kering Saat Puasa dengan Cara Ini

Hindari Kulit Kering Saat Puasa dengan Cara Ini

ilustrasi

Jika perlu ganti sabun mandi Anda!

Puasa tak hanya berdamapkan pada istirahatnya  organ pencernaan selama belasan jam. Kulit secara tak langsung juga merasakan dampak selama puasa, karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu kesehatan kulit selama puasa juga tak kalah penting untuk diperhatikan.

Dokter spesialis kulit dari Klinik Bamed Skin Care, dr. Radityo Anugerah, menjelaskan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit selama berpuasa. Pertama adalah cukupi kebutuhan air mineral minimal delapan gelas sehari.

“Minum harus cukup, tapi jangan dihajar saat sahur karena pasti akan dibuang langsung 1-2 jam setelahnya. Jadi harus bertahap,” ujar Radit pada temu media beberapa waktu lalu.

Selain pemenuhan asupan air mineral, Radit juga mengingatkan agar konsumsi sumber mikro nutrien yang terdapat pada sayur dan buah juga dipenuhi saat sahur dan berbuka sebagai nutrisi untuk kulit. Dan jangan lupa untuk oleskan pelembab sesering mungkin agar kulit senantiasa terhidrasi.

“Pastikan pelembab yang digunakan nggak cuman yang dioles tapi juga sabun yang mengandung pelembab. Pelembab boleh dipakai berkali-kali minimal setelah mandi karena penguapan air lebih banyak saat mandi lalu oleskan kembali saat berada di ruangan ber-AC,” imbuhnya.

Untuk jenis pelembab yang digunakan, ia merekomendasikan jenis pelembab yang tidak mengandung parfum atau pemutih. Di bagian wajah, Anda bisa semprotkan ‘spray water’ untuk memberikan efek kenyamanan pada kulit.

“Jangan lupa juga untuk oleskan pelembab khusus di bagian bibir agar tidak kering dan mengelupas. Pilih pelembab yang tidak beraroma, berpengawet, dan tidak berwarna,” tambahnya.

Radit mengakui bahwa selama puasa banyak pasien yang mengeluhkan kondisi kulit kusam, kering, dan bersisik karena tak dirawat dengan baik. Jadi jangan korbankan kesehatan kulit selama puasa, ya!(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Memukau, Sumenep Jazz 2018 Berhasil Hibur Ratusan Warga Sumenep

Sumenep – Dengan dibintangi dua artis dari ibu kota Jakarta, Mulan Jameela dan Iga Mawarni Sukses menghibur warga …

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *