Rabu , 8 Desember 2021
Home / Lifestyle / Coba Trik Ini Agar Tak Jadi Sarjana Pengangguran

Coba Trik Ini Agar Tak Jadi Sarjana Pengangguran

sarjana

Selama ini banyak mahasiswa yang salah orientasi.

Lembaga ESQ menilai semakin banyaknya sarjana yang menganggur dikarenakan mereka salah orientasi terhadap apa yang dipelajari. Menurut data yang ada, saat ini ada 350.000 sarjana masih luntang-lantung tanpa kerja.

“Mereka berorientasi pada apa yang dipelajari, tetapi tidak tahu mengapa dia mempelajari ilmu itu,” ujar Pendiri ESQ, Ary Ginanjar Agustian dalam peluncuran Gerakan Indonesia Menulis di Jakarta.

Akibat orientasi yang hanya pada apa yang dipelajari, mengakibatkan ilmu pengetahuan menjadi kehilangan rohnya. Untuk itu, kata dia, perlu dikembalikan roh terhadap ilmu pengetahuan itu.

“Ke depan yang perlu kita tingkatkan adalah jumlah pengusaha. Indonesia jumlahnya baru 1,5 persen, sementara Singapura dan Amerika Serikat berjumlah 7,5 juta,” tambah dia.

Oleh karena itu, pihaknya fokus dalam upaya mencetak pengusaha-pengusaha muda melalui lembaga pendidikan.

Sementara itu, Irjen Kemristekdikti Jamal Wiwoho mengatakan sistem pendidikan yang hanya mengedepankan akademik belum mampu menyelesaikan persoalan bangsa.

“Proses pembelajaran yang mengedepankan kepemimpinan, religius dan wirausaha diharapkan dapat menjadi solusi dalam berbagai persoalan bangsa,” ucap Jamal.

Di tempat yang berbeda, pengusaha Ciputra mengatakan dirinya sejak 10 tahun yang lalu berusaha untuk mengkampanyekan semakin banyak anak muda yang menjadi pengusaha.

“Pengusaha itu adalah orang yang sanggup mengubah sampah menjadi emas,” kata Ciputra usai pelantikan Rektor Universitas Tarumanagara yang baru.

Jika banyak yang menjadi pengusaha maka lapangan kerja yang tercipta semakin banyak. Maka pemerintah tak perlu lagi meminta para investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Dalam hal ini, lembaga pendidikan berperan penting dalam menciptakan para pengusaha.Lembaga pendidikan yang dibinanya mulai dari Universitas Tarumanagara, Universitas Ciputra, maupun Universitas Pembangunan Jaya sebanyak 60 persen lulusannya menjadi pengusaha.

“Pengusaha itu lahir dari orang tua, pengalaman dan lembaga pendidikan,” cetus Ciputra. (Antara)

 

About focus

Lihat Juga

Memukau, Sumenep Jazz 2018 Berhasil Hibur Ratusan Warga Sumenep

Sumenep – Dengan dibintangi dua artis dari ibu kota Jakarta, Mulan Jameela dan Iga Mawarni Sukses menghibur warga …

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *