Senin , 29 November 2021
Home / Kesehatan / Hati-hati, Pijat di Bagian Ini Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Hati-hati, Pijat di Bagian Ini Bisa Sebabkan Kelumpuhan

pijat-wajah

Bagian tubuh yang penuh saraf tak boleh mendapat tekanan kuat.

Pijat atau urut biasa dilakukan masyarakat Indonesia untuk melancarkan aliran darah dan mengurangi rasa pegal. Tapi sebagai pengguna jasa pijat, Anda harus tahu bagian tubuh mana yang sebaiknya tidak dilakukan pemijatan.

Pasalnya, menurut dr Deasy Erika Sp.KFR dari RS Awal Bros Bekasi, pemijatan dengan tekanan kuat yang dilakukan pada tulang belakang yang dipenuhi oleh saraf tepi, bisa memicu kelumpuhan.

“Tulang belakang mulai belakang leher sampai tulang ekor sebaiknya tidak dipijat. Yang boleh mungkin bahu, atau bagian tubuh lain yang tidak ada tulangnya,” ujarnya pada temu media di Klinik Nyeri Tulang Belakang, Jakarta.

Pegal itu sendiri, tambah Deasy, dipicu oleh otot yang melakukan satu kegiatan dalam waktu yang lama. Tubuh pada dasarnya terdiri dari kerangka tulang yang memiliki sendi sebagai penghubung, ligamen dan otot.

Bagian otot inilah yang berperan merasakan nyeri. “Pegal terjadi ketika otot berkonstraksi kemudian terjadi siklus kimia yang menghasilkan asam laktat. Asam laktat ini yang berperan membuat otot terasa pegal,” imbuhnya.

Agar rasa pegal bisa dikurangi, Deasy menyarankan melakukan peregangan sehingga otot berelaksasi. “Kalau pegalnya di bagian tangan karena capek mengetik, coba diregangkan dengan mengibaskan jari tangan selama beberapa menit,” pungkasnya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *