Minggu , 26 September 2021
Home / Lifestyle / Ini Pentingnya Memilih Kosmetik Halal

Ini Pentingnya Memilih Kosmetik Halal

ilustrasi

Tak sekadar terbebas dari zat-zat yang diharamkan oleh agama tertentu.

Label halal sering dikorelasikan dengan ajaran agama tertentu. Namun faktanya label halal yang disematkam pada berbagai produk memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh semua orang tanpa memandang agama.

Pada kosmetik misalnya, dr Dewi Inong SpKK dari RS Permata Cibubur mengatakan bahwa kosmetik halal tidak hanya terbebas dari zat-zat seperti babi atau bangkai hewan dan manusia yang dilarang pemakaiannya oleh agama Islam, tetapi juga sudah pasti aman dari kandungan bahan berbahaya yang dapat memicu sederet risiko pada kulit.

“Kalau suatu produk telah mendapat sertifikasi halal biasanya sudah melewati uji dari BPOM dan MUI. Sehingga tahapan pengujiannya lebih banyak dan hasilnya bisa dipastikan aman bagi kesehatan. Jadi halal ini manfaatnya universal,” ujarnya pada konferensi pers #HalalituSehat yang digagas brand Marina di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Status halal untuk produk kecantikan pun, menurut Inong, tak hanya dilihat dari pemilihan bahan baku. Proses pembuatannya juga diperhatikan agar terjaga dari kemungkinan bersinggungan atau terkontaminasi dengan produk non halal.

“Label halal bisa menjadi jaminan keamanan atas kandungan dalam produk, seperti mengandung bahan alami, tidak mengandung bahan berbahaya, dan tidak mengandung bahan nonhalal sehingga aman digunakan untuk jangka panjang,” imbuhnya.

Inong menyebut masyarakat harus lebih kritis dalam memilih sebuah produk kecantikan. Terlebih untuk body lotion, lipstik, pelembab yang kandungannya langsung diserap ke dalam tubuh. Ia juga mencontohkan dampak penggunaan produk mengandung bahan berbahaya tanpa label halal yang terbukti memicu autisme pada anak.

“Jadi saat saya tiga bulan berada di Aceh, ada 6 ibu yang mengaku anaknya mengidap autisme. Setelah diselidiki ternyata selama kehamilan ia menggunakan produk kosmetik bermerkuri yang memang memberi efek putih lebih cepat. Ini menandakan produk yang dipakai tidak melalui pengujian yang panjang tak seperti produk berlabel halal,” tambahnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Deputy General Manager Brand Development Marina, Melani Dwi Astuti mengatakan bahwa produk Marina hand body lotion baik seri White maupun Natural telah mengantongi sertifikasi halal untuk menjamin keamanan dan kemurniannya.

“Dengan begitu, halal bukan hanya milik golongan tertentu, tetapi semata karena kebutuhan akan keamanan dan kualitas produk kecantikan yang diinginkan oleh seluruh perempuan,” pungkasnya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *