Senin , 10 Mei 2021
Home / Kesehatan / Hati-hati, Nonton Film Horor Bisa Sebabkan Kematian!

Hati-hati, Nonton Film Horor Bisa Sebabkan Kematian!

headline

Otak yang tegang karena ketakutan ternyata bisa mempengaruhi jantung.

Film-film bertema horor kini banyak digandrungi orang. Bahkan baru-baru ini film horor Conjuring 2 besutan sutradara James Wan dikabarkan menempati posisi box office di beberapa negara.

Sensasi ketakutan yang dirasakan saat menonton film horor ternyata menjadi daya tarik bagi banyak orang ketika memilih film bertema horor. Namun, tahukah Anda bahwa menonton film horor memiliki efek samping negatif bagi tubuh?

Bahkan dr Rosanna Barrack, SpJP(K) dari RS MMC Jakarta menyebut bahwa menonton film horor dapat menyebabkan kematian.

“Saking takutnya maka tubuh menjadi stres. Dalam artian kerja jantung, otak dan semua organ dipacu untuk mengeluarkan zat-zat yang dapat mengganggu keseimbangan. Pada kasus serius, otak yang tegang ini bisa memicu serangan jantung atau stroke hingga memicu kematian,” ujar dokter yang akrab disapa Nako ini pada Pfizer Press Circle di Jakarta, Kamis (23/6/2016).

Meski demikian ia mengakui bahwa akibat negatif dari menonton film horor ini lebih banyak dialami orang berusia pertengahan hingga lanjut usia karena kondisi organ di tubuhnya yang telah mengalami penuaan.

“Karena pada orang yang relatif ‘berumur’, organ-organ mengalami degenerasi sehingga setelan badannya sudah nggak semaksimal usia muda,” tambah Dokter Nako.

Terlebih pada penderita hipertensi, memiliki riwayat penyakit jantung atau stroke, ia juga tak menyarankan untuk menonton film horor. Begitu pula dengan menaiki wahana-wahana ekstrim di pusat hiburan keluarga.

“Menonton film horor menaiki wahana ekstrim yang dapat memacu adrenalin memang tidak kita anjurkan pada kelompok berisiko karena dapat meningkatkan tekanan darah. Kenaikan darah yang tiba-tiba ini bisa memicu stroke, bahkan kematian,” pungkasnya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *