Minggu , 1 Agustus 2021
Home / Kesehatan / Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kanker!

Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kanker!

shutterstock_117903985
Kanker merupakan penyakit yang sulit disembuhkan dan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia.

Penelitian 2012 membuktikan bahwa setiap tahunnya sebanyak 8,2 juta orang meninggal dunia akibat kanker dan jumlahnya setiap tahun semakin meningkat. Oleh karena itulah diperlukan pemahaman bahwa banyak sekali hal yang bisa memicu kanker, bahkan dari hal-hal sederhana yang sering Anda gunakan atau lakukan sehari-hari.

Apa saja kebiasaan yang sering orang lakukan, dan tanpa disadari kebiasaan tersebut justru bisa memicu kanker? Berikut uraian yang dihimpun oleh Meet Doctor setelah ditinjau oleh dr. Jezzy Reisya.

1. Memakai Kosmetik yang Tidak Aman
Kosmetik yang mengandung bahan kimia dapat meningkatkan risiko seseorang mengidap penyakit kanker. Bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik seperti methylparaben, toluene, dan octinoxate dapat diserap kulit dan sulit untuk disaring hingga mampu menyebabkan kanker payudara, kanker kulit, dan kanker darah. Untuk mencegahnya, sangat disarankan untuk selalu membersihkan diri dari kosmetik, mengecek bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik, merawat wajah dengan bahan-bahan alami, dan hindari penggunaan kosmetik bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

2. Mengonsumsi alkohol
Menurut American Cancer Society, semakin banyak atau sering seseorang mengonsumsi alkohol, maka semakin tinggi pula risiko mereka terkena kanker hati, prostat, pankreas, usus, dan payudara. Senyawa yang terdapat dalam alkohol mampu merusak jaringan mulut, tenggorokan, hati, serta DNA dalam jaringan inti. Seseorang yang minum lebih dari 50 gram alkohol per hari nyatanya berisiko 4-7 kali lebih besar terkena kanker ketimbang mereka yang tidak minum.

3. Penggunaan tabir surya yang salah
Salah satu cara mencegah kanker kulit adalah dengan menggunakan tabir surya secara benar. Kebanyakan orang mengabaikan cara menggunakan tabir surya yakni setiap dua jam sekali, terutama saat kulit Anda harus bertemu sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang. Berdasarkan informasi dari Skin Care Foundation, tabir surya bekerja paling baik bila diterapkan 30 menit sebelum Anda berada di bawah sinar matahari agar mampu memberikan cukup waktu untuk sepenuhnya mengikat, melembapkan, sekaligus menjaga kulit.

4. Kurang tidur
Tidur atau beristirahat cukup merupakan kunci untama kesehatan Anda. Namun, jika kebiasaan tidur Anda buruk, maka bukan sehat tetapi penyakit kanker yang akan mengancam Anda. Kebiasaan bekerja di malam hari dan tidur tak teratur akan meningkatkan risiko kanker sebesar 27 persen. Sementara orang yang tidak tidur siang akan dua kali lipat memiliki risiko kanker ketimbang orang yang sempat beristirahat selama 30 menit di siang hari. Maka, jangan lupakan untuk beristirahat selama 6-8 jam perhari.

5. Menghirup udara kotor
Anda yang melakukan pekerja terutama pada kota-kota besar, tidak mudah untuk menghindari paparan debu, asap knalpot, atau udara kotor. Udara kotor tersebut rentan untuk membuat Anda terkena kanker paru-paru. Untuk mengatasi atau mencegahnya, gunakan masker saat berada di luar rumah dan ganti masker minimal satu hari sekali.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *