Senin , 27 September 2021
Home / Sumenep / Harapan Dunia Pendidikan Madura Terhadap Universitas Wiraraja

Harapan Dunia Pendidikan Madura Terhadap Universitas Wiraraja

focusmadura.com-seluruh element civitas Universitas Wiraraja Sumenep

Sumbangsih Masyarakat Madura Jadikan Universitas Wiraraja Masuk 30 Besar Terbaik Se-Jawa Timur

Sumenep– Kabar gembira datang dari dunia pendidikan. Universitas Wiraraja masuk ke peringkat 28 kategori universitas di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Peringkat tersebut naik dari dua tahun sebelumnya. Pada tahun 2014 peringkat Unija hanya berada di urutan 57. Peringkat tersebut naik lagi pada tahun 2015 ke urutan 46. Paling drastis kenaikannya pada tahun 2016 menjadi 28.

Adapun untuk kategori perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Universitas Wiraraja menempati urutan ke-38. Peringkat tersebut naik drastis dari yang sebelumnya tahun 2015 hanya berapa di urutan 143, dan di urutan 193 pada tahun 2014.

Pemberian peringkat tersebut dipublikasikan oleh Kopertis Wilayah VII Jawa Timur dalam buku panduan yang terbit awal tahun 2016, dan tertuang dalam SK Kopertis Wilayah VII Jawa Timur, Nomor: 063/ K7/ KL/ 2016 tentang “Penetapan PTS Penerima Anugerah Kampus Unggul PTS di lingkungan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur tahun 2016”.

Di Madura, Universitas Wiraraja menempati urutan pertama dari seluruh perguruan tinggi yang ada, baik untuk universitas maupun sekolah tinggi swasta. Hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi seluruh keluarga besar dan civitas akademika Universitas Wiraraja, mulai dari mahasiswa, alumni, orang tua mahasiswa, dosen, karyawan, hingga yayasan.

Rektor Univeritas Wiraraja Sumenep, Alwiyah, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh warga dan masyarakat Sumenep juga Madura dan Jawa Timur secara umum, atas kepercayaan dan prestasi yang telah diraih oleh Universitas Wiraraja.

“Sebab apapun yang kami raih, itu merupakan sumbangsih seluruh pihak, termasuk masyarakat yang telah memberi kepercayaan kepada Wiraraja untuk menguliahkan putera-puterinya di sini. Ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri bagi keluarg besar Wiraraja untuk memberikan yang lebih baik lagi bagi masyarakat Madura,” ujar Alwiyah.

Prestasi yang diraih Unija sepertinya bukan hal aneh dan muncul tiba-tiba. Banyak kalangan yang datang ke kampus Unija merasa senang ada perguruan tinggi swasta yang terlihat maju dan berkembang pada seluruh aspek. Baik dari jumlah mahasiswa, fasilitas, dosen, infrastruktur dan sarana prasarana.

Prof. Dr. Mansyur Ramly, Ketua Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menyatakan jika Unija akan semakin maju lagi di masa mendatang. “Saya mencium aroma dari Universitas Wiraraja akan menjadi universitas yang ke depannya bisa menjadi barometer pendidikan tinggi di Jawa Timur,” ujar Prof Mansur saat menghadiri Seminar Nasional dengan tema “Peningkatan Mutu Lulusan Perguruan Tinggi Melalui Evaluasi Mutu Internal dan Eksternal” di Universitas Wiraraja beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Prof. Mansyur Ramly mengatakan, bahwa mutu dari suatu perguruan tinggi saat ini sudah tidak ada lagi perbedaan antara perguruan tinggi swasta dan negeri, karena memiliki standart yang sama, yang membedakan adalah mutu atau kualitas dari perguruan tinggi yang bersangkutan.

Hal senada disampaikan oleh Prof Ali Maksum, Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Menurut Prof Ali Maksum, Unija seharusnya mendapat nilai lebih lagi dari yang selama ini diperoleh. Hal ini memungkinkan terjadi karena prasyarat untuk itu sudah sangat mendukung.

“Mestinya akreditasi Universitas Wiraraja Sumenep sudah B karena dari seluruh fasilitas dan sarana prasarana serta lainnya yang ada di Universitas Wiraraja telah masuk kriteria kampus berakreditasi B,” ujar Prof Ali Maksum usai menghadiri kegiatan sosialisasi peningkatan kinerja dosen yang dilakukan oleh Universitas Wiraraja, beberapa waktu lalu.

Ditambahkan lagi, setelah melakukan sosialisasi kinerja dosen, Prof Ali Maksum yakin bahwa Universitas Wiraraja akan semakin berkembang dengan peningkatan akreditasi dan dengan adanya dosen yang memiliki kontribusi besar pada Wiraraja. Prof Ali Maksum memastikan, seandainya Universitas Wiraraja sudah memiliki lahan seluas 30 hektar, maka bisa segera menjadi perguruan tinggi negeri.(Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *