Sabtu , 15 Mei 2021
Home / Kesehatan / Cegah Gangguan Penglihatan dengan Hindari Lima Kebiasaan Ini

Cegah Gangguan Penglihatan dengan Hindari Lima Kebiasaan Ini

o_1b31o3tmugks1mcnh1p1ps71oo6a

Coba tutup satu mata Anda dan lihat objek di sekitar Anda. Apakah Anda mengalami kesulitan dalam melihat dengan jelas objek di sekitar Anda?

Jika ya, maka hal ini menandakan Anda mengalami gangguan penglihatan. Biasanya, gangguan penglihatan ini menyerang para lansia karena faktor penuaan. Namun dokter spesialis mata dari Standford University, Kimberly Cockerham mengatakan bahwa kasus rabun jauh kini banyak pula dialami anak-anak muda.

Salah satu penyebab utama adalah inovasi di bidang teknologi yang membuat pengguna tak bisa lepas dari gadget. Untuk mencegah terjadinya rabun jauh, rabun dekat dan gangguan penglihatan lainnya di usia muda, ada baiknya Anda hindari beberapa hal berikut, seperti dilansir laman Prevention.

1. Menatap layar gadget terlalu dekat

Menurut Cockerham, cahaya yang dipancarkan layar gadget dapat memicu degenerasi makula yang pada gilirannya menurunkan kemampuan penglihatan Anda. Oleh karena itu, ia menghimbau agar seseorang menjaga jarak saat menatap layar gadget setidaknya 16 inci dari wajah Anda.

2. Stres

Stres nyatanya tak hanya memicu timbulnya penyakit kardiovaskular saja. Kesehatan mata Anda juga akan terganggu jika mengalami stres. Cockerham mengatakan, hormon stres yakni kortisol dapat menurunkan fungsi retina mata sehingga menyebabkan pandangan menjadi kabur.

Untuk mengusir stres Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti meditasi atau mendengarkan musik. Penelitian menyebutkan mendengarkan musik dengan menurunkan produksi kadar kortisol hingga 25 persen.

3. Membaca buku sembari tidur

Membaca buku merupakan kebiasaan baik yang dapat menambah wawasan. Namun jika aktivitas membaca buku dilakukan dengan posisi tidur, maka risiko Anda mengalami rabun jauh akan meningkat. Cockerham menghimbau agar seseorang menghindari kebiasaan membaca buku sembari tidur.

4. Jarang mengonsumsi sayur

Sayuran hijau kaya akan nitrat dan lutein yang dapat menghindarkan Anda dari proses degenerasi makula. Itu sebabnya pada orang-orang yang jarang mengonsumsi sayuran hijau lebih rentan mengidap gangguan penglihatan di usia muda.

Sebuah penelitian terkini menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 240 miligram bayam sehari, berisiko 30 persen lebih rendah mengidap masalah glaukoma.

5. Merokok dan obesitas

Jika Anda seorang perokok dan mengalami obesitas maka risiko Anda mengidap degenerasi makula, katarak, dan glukoma meningkat sebanyak 300 persen. Cara satu-satunya untuk mencegah gangguan mata ini, tambah Cockerham, hanya bisa dilakukan dengan berhenti merokok dan melakukan diet seimbang agar mendapatkan berat badan yang ideal.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *