Senin , 18 Oktober 2021
Home / Lifestyle / Biar Tidur Nyenyak, Jangan Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Tidur

Biar Tidur Nyenyak, Jangan Lakukan Lima Hal Ini Sebelum Tidur

susah-tidur-3

Usir jauh-jauh semua hal yang membebani pikiran Anda.

Setiap orang membutuhkan tidur untuk istirahat dan memulihkan kondisi fisik. Sayangnya tak semua orang memahami bagaimana tidur yang berkualitas. Nah, berkaitan dengan tidur yang berkualitas ini University of California di San Diego, AS menemukan dalam penelitiannya, 80 persen orang tidak bisa tidur 6-8 jam sehari.

Padahal kurangnya tidur berkualitas dapat meningkatkan risiko mengidap penyakit jantung dan kanker bahkan meningkatkan risiko kematian. Dan kunci mendapat tidur berkualitas, salah satunya bisa didapat dengan menghindari berbagai hal berikut sebelum tidur.

1. Menyalakan lampu Setidaknya setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk menghindari lampu terang. Bisa dari lampu ruangan, ponsel atau tivi yang memancarkan sinar tak sehat. Paparan sinar ini, menurut penelitian, dapat meningkatkan kadar melatonin dalam tubuh hingga 50 persen. Hal ini membuat Anda menjadi waspada di malam hari dan kesulitan untuk jatuh terlelap.

2. Menonton tayangan kekerasan Hal-hal yang dapat mengacaukan pikiran sebaiknya dihindari sebelum tidur. Pasalnya hal ini dapat membuat Anda sulit tidur.

3. Mengerjakan tugas Batasi pekerjaan Anda dua jam sebelum tidur. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang bekerja pada malam hari cenderung kesulitan mendapatkan tidur berkualitas. Sedangkan olahraga justru dianjurkan karena hormon oksitosin yang diproduksi saat olahraga dapat membuat tidur lebih nyenyak.

4. Mengonsumsi kafein Mengonsumsi kafein enam jam sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur secara signifikan. Jadi batasi konsumsi kafein Anda setidaknya 8 jam sebelum tidur.

5. Memikirkan sesuatu Mungkin alasan sebagian orang tidak bisa tidur adalah mereka tidak tahu bagaimana membersihkan pikiran mereka dari stres. Jika Anda mengalami hal yang sama lakukan yoga dan meditasi untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang. (womenshealthmag.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *