Selasa , 18 Mei 2021
Home / Kesehatan / Berjalan Tanpa Alas Kaki Tingkatkan Kemampuan Berpikir

Berjalan Tanpa Alas Kaki Tingkatkan Kemampuan Berpikir

ilustrasi

Peneliti menemukan manfaat tak terduga dari kebiasaan berjalan tanpa alas kaki

Cobalah mulai saat ini berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Pasalnya, menurut penelitian, kebiasaan ini memiliki berbagai manfaat yang menakjubkan mulai dari membantu mencapai tidur berkualitas hingga meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Namun peneliti dari University of North Florida di Amerika Serikat menemukan manfaat tak terduga dari kebiasaan berjalan tanpa alas kaki. Menurut peneliti, berjalan kaki telanjang dapat meningkatkan fungsi memori otak seseorang.

Ini artinya mereka yang terbiasa jalan tanpa alas kaki memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik dibandingkan orang yang memilih berjalan menggunakan alas kaki.

“Temuan kami menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan kinerja kognitif yang berperan dalam mengingat dan memproses informasi,” ujar peneliti.

Untuk mendapatkan temuan ini peneliti melakukan analisis terhadap 72 responden berusia 18-44 tahun. Responden dikelompokkan dalam dua golongan. Pertama yang diminta berjalan tanpa alas kaki, dan kedua, yang menggunakan sepatu atau sandal saat berjalan. Fungsi memori otak mereka diukur sebelum dan sesudah penelitian.

Hasilnya, kelompok yang bertelanjang kaki saat berjalan mengalami peningkatan fungsi memori sebanyak 16 persen. Sedangkan responden yang menggunakan alas kaki tidak mengalami peningkatan kinerja kognitif di otak.

“Angka ini dapat terus meningkat ketika seseorang melakukannya secara rutin,” imbuh peneliti. (Zeenews)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *