Minggu , 1 Agustus 2021
Home / Lifestyle / Begini Cara Mudah Gali Potensi Diri

Begini Cara Mudah Gali Potensi Diri

ilustrasi

Menggali potensi diri harus dilakukan sejak dini.

Kini tak sedikit remaja yang kesulitan dalam mengidentifikasi potensi diri. Padahal mengetahui potensi yang dimiliki sejak dini dapat memudahkan anak untuk meraih cita-cita di masa mendatang.

Psikolog Vera Itabiliana mengatakan, usia remaja merupakan usia yang tepat untuk menggali potensi diri. Caranya pun, menurutnya, bisa bermacam-macam, baik dengan melakukannya sendiri atau dengan meminta bantuan teman.

“Remaja adalah momen menuju dewasa. Jika para remaja belum mampu menggali potensi diri maka mereka akan kesulitan menentukan masa depannya,” ujarnya pada temu media #SaatnyaBersinar yang dihelat Marina di Jakarta.

Vera pun menjabarkan beberapa cara yang bisa dipraktikkan para remaja agar mampu menemukan dimana potensi dirinya berada. Pertama adalah dengan membuat jurnal pribadi.

“Jurnal harian seperti diary, dimana remaja bisa menguraikan apa saja sisi positif yang ia lakukan setiap hari. Dari sini ia bisa menggolongkan mana yang menjadi kelebihan dia, mana yang bukan,” ujarnya.

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan, lanjut Vera, meluangkan waktu untuk diri sendiri alias ‘me time’. Menurutnya, menikmati waktu sendiri bukan berarti remaja tak bisa melakukan hal positif. Justru dengan ‘me time’, kata Vera, seseorang bisa berpikir lebih jernih untuk melakukan hal positif yang mampu dikerjakannya.

Ia juga berpesan agar remaja mulai membuat target-target yang ingin dicapai dalam hidupnya. “Namun bukan sembarang target, remaja harus membuat target yang sesuai dengan kemampuan yang ia miliki. Dengan begini target tersebut akan mudah tercapai,” imbuh Vera.

Jika semua cara telah dilakukan, saatnya seorang remaja meminta pendapat sahabat atau guru untuk menunjukkan potensi yang dimilikinya.

“Dengan meminta pendapat orang lain, seorang remaja bisa menemukan potensi yang mungkin selama ini tidak ia sadari,” pungkasnya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *