Senin , 27 September 2021
Home / Kesehatan / Bahu Sering Pegal Bisa Pertanda Sakit Jantung

Bahu Sering Pegal Bisa Pertanda Sakit Jantung

Jika Anda termasuk salah seorang yang sering mengeluh nyeri bahu, maka waspadai risiko penyakit jantung. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine menyebutkan, nyeri bahu merupakan salah satu gejala dari penyakit jantung yang sering diabaikan banyak orang.

“Beberapa menganggap nyeri bahu merupakan bentuk ketegangan fisik yang dapat diatasi dengan terapi pijat,” ujar peneliti utama Kurt Hegmann, peneliti utama di University of Utah School of Medicine di Amerika Serikat, seperti dilaporkan¬†Zeenews.

Peneliti mendapatkan temuan ini setelah menganalisis 1.226 buruh terampil yang sering mengeluh nyeri bahu. 56 persen diantaranya ternyata mengidap penyakit jantung setelah dilakukan pemeriksaan medis.

Hegmann mengatakan bahwa dengan temuan ini masyarakat harus mempertimbangkan nyeri bahu sebagai salah satu tanda-tanda penyakit jantung, karena kondisi ini juga dipicu hipertensi dan kolesterol jahat.

“Apa yang kami temukan membuka pikiran kita bahwa nyeri bahu adalah gejala awal dari penyakit jantung yang harus mendapatkan penanganan segera,” pungkas dia.

Penyakit jantung sendiri merupakan jenis penyakit tidak menular yang menjadi penyebab kematian utama di dunia. Gaya hidup tak sehat seperti pola makan tak terkendali dan kurangnya aktivitas fisik menjadi satu dari beberapa penyebab penyakit jantung.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *