Rabu , 16 Juni 2021
Home / Kesehatan / Awas, Toilet Umum Bisa Jadi Media Penularan Virus Penyebab Kanker

Awas, Toilet Umum Bisa Jadi Media Penularan Virus Penyebab Kanker

16
Virus HPV tak hanya bisa menular lewat seks bebas, tapi juga kotoran.

Secara tak disadari hampir setiap hari kita menggunakan toilet umum, baik di kantor, mal atau di sarana transportasi. Seringkali toilet umum ditemukan dalam kondisi tak bersih, seperti berair, hingga bau tak sedap.

Selain tak nyaman, kondisi ini juga bisa memicu penularan berbagai penyakit. Menurut Prof. Dr. dr. Andriyono SpOG (K), toilet umum yang jorok dapat menjadi media penularan bagi virus Human Papillomavirus (HPV) yang menjadi penyebab kanker serviks, kanker penis, kanker anus hingga kanker vagina.

“Virus HPV ini menular melalui seks bebas dan kotoran. Jadi kalau di permukaan toilet ada virus HPV-nya ya bisa menular ke pemakai toilet selanjutnya,” ujarnya pada temu media ‘Indonesia Bebas Kanker Serviks’ di Jakarta.

Andriyono menambahkan, dari 100 jenis tipe virus HPV yang ada, 19 tipe diantaranya dapat menyebabkan kanker. Di Indonesia, virus HPV yang paling banyak ditemukan antara lain tipe 16, 18 sebanyak 70 persen, ditambah tipe 52.

“Jadi ya kalau mau gunakan toilet umum pastikan toilet itu bersih. Siram dengan air kalau basah lalu dikeringkan menggunakan tisu. Atau lebih aman lagi pakai cairan antiseptik untuk membersihkan permukaan toilet,” tambahnya.

Selain itu sebagai langkah pencegahan, Andriyono menganjurkan penggunaan vaksin HPV yang diyakini efektif menghalau infeksi virus HPV penyebab kanker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, vaksin HPV dianjurkan untuk diberikan pada anak perempuan usia 9-13 tahun.

“Karena pada usia tersebut imun tubuh anak sangat bagus, sehingga pemberiannya cukup 2 dosis. Kalau dewasa, di atas usia tersebut butuh pemberian vaksin hingga 3 dosis agar hasilnya maksimal,” pungkasnya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *