Rabu , 19 Mei 2021
Home / Bangkalan / Warga Bangkalan Keluhkan Pasokan Air PDAM

Warga Bangkalan Keluhkan Pasokan Air PDAM

int-saluran air PDAM

Pasokan Air PDAM Tak Normal, Warga Kecewa

BANGKALAN – Akibat debit air yang sering mampet dan tidak normal, puluhan pelanggan PDAM Sumber Pocong Bangkalan mengeluh. Mereka rata-rata bermukim di kawasan Jalan KH Moh Toha (Jengkebuan), Kelurahan Pangeranan, Kecamatan Kota Bangkalan.

“Sudah empat bulan air PDAM disini keluarnya tidak normal. Keluarnya kecil, terkadang airnya tidak keluar sama sekali,” terang salah seorang pelanggan PDAM, Mahmudi Ibnu Khotib.

Menurut Mahmudi,  kondisi tersebut terjadi sejak empat bulan terakhir hingga saat ini. Tak pelak membuat masyarakat yang berada di sekitarnya kelimpungan. Sebab, mereka sangat mengandalkan air PDAM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, karena air disana rasanya asin. “Maklum daerah jengkebuan ini merupakan kawasan pesisir secara otomatis airnya asin,” jelasnya.

Kata Mahmudi, sebenarnya warga sudah melapor terkait permasalahan tersebut pada PDAM. Namun, petugas PDAM meminta masyarakat untuk bersabar. Padahal air PDAM sangat dibutuhkan warga.

“Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sebagian warga ada yang mengungsi ke saudaranya. Sedangkan yang tidak punya saudara, ya terpaksa ambil air PDAM yang tidak normal itu. Namun, semalam hanya dapat satu hingga dua ember,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap PDAM segera menindaklanjuti keluhan pelanggan supaya mendapat pasokan air yang normal. Jika kondisi ini terus dibiarkan, maka semakin menambah penderitaan warga.

“Meski pun begitu kami tetap membayar. Kalau telat membayar kami didenda, tapi saat kita laporan disuruh sabar hingga empat bulan. Kondisi ini tidak adil karena pelanggan yang sengsara,” tukasnya.

Sementara Direktur PDAM Sumber Pocong Bangkalan, Andang Pradana, membenarkan distribusi air yang tidak normal pada kawasan Jengkebuan. Ini terjadi lantaran ada proses perbaikan jaringan PDAM.

“Ada perbaikan jaringan yang awalnya pipa dua dim diganti empat dim. Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air pelanggan yang semakin banyak disana. Pekerjaannya sempat terhenti karena ada salah satu warga tidak mengijinkan perbaikan pipa yang melalui di halaman rumahnya,” ucap Andang.

Tapi, sambung Andang, sekarang perbaikannya sudah dilanjutkan kembali setelah dilakukan musyawarah dengan masyarakat setempat. Ditargetkan perbaikan jaringan tersebut akan selesai pada minggu depan. (msr/red).

 

About focus

Lihat Juga

Tabrak Fuso, 2 orang 1 Balita Penumpang Travel Tewas

Bangkalan-, Mobil travel M2 terlibat kecelakaan kemarin Senin (20/3/2017). Mobil Xenia putih bernopol N 1273 …

Tersinggung, Pria di Bangkalan Bacok Tetangganya Hingga Tewas

Bangkalan-, Diduga karena tersinggung dengan teguran tetangganya, pria di bangkalan bacok tetangganya hingga tewas. Jumlah …

Tak Terbukti Mengandung Zat Terlarang, 1.530 Permen Dot Dikembalikan

Bangkalan-, Setelah melalui uji Laboratium BPOM dan BNN Provinsi Jawa Timur, ribuan permen dot yang …

Razia Gabungan, Petugas Amankan 1.530 Botol Permen Dot di Bangkalan

Bangkalan-, Gelar razia gabungan ke berbagai toko, Polres Bangkalan, Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja …

Korban Pembunuhan dengan Leher Nyaris Putus Temukan Titik Terang

   Bangkalan-, Kasus Pembunuhan Jamal yang ditemukan tewas sekitar 50 meter dari rumahnya dengan luka …

Polda Jatim Ikut Ungkap Dugaan Kasus Pembunuhan di Bangkalan

Ilustrasi Bangkalan-, Polda Jatim bantu Polres Bangkalan dan terjunkan anjing pelacak untuk ungkap kasus pembunuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *