Senin , 27 September 2021
Home / Budaya / Wakil ketua DPR-RI resmikan pengukuhan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Sumenep

Wakil ketua DPR-RI resmikan pengukuhan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Sumenep

fadlizon

Wakil Ketua DPR-RI beserta Wakil Bupati Sumenep resmikan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) di Desa Aeng Tong-tong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

Sumenep- Wakil ketua DPR-RI meresmikan Pengukuhan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia di Sumenep, dalam posisi Wakil Ketua DPR-RI ini merupakan ketua Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia, benda pusaka yang dikatakan keris ini merupakan benda yang di akui oleh dunia, salah satu pusat kerajinan keris kebetulan ada di Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, disinilah pusata pengrajin keris yang ada di indonesia, mungkin juga salah satu pusat pengrajin keris yang ada di dunia.

keris lebih dulu di akui oleh dunia dibandingakn budaya-budaya lainnya, keris kita ketahui salah satu benda budaya yang luar biasa. karna itu, keris mempunyai beberapa perpaduan dari segala macam seni yaitu seni tempa, seni pahat, seni pamor dan juga terkandung filosofi yang sangat mendalam. jadi dalam halnya pengakuan ini tetap berlanjut untuk terus aktif mengembangkan cagar budaya yang sangat luar biasa ini, untuk tetap di akui oleh dunia, bahwa di Indonesia inilah salah satu pusat pengrajin keris yang ada.

Wakil ketua DPR-RI, sekaligus Ketua Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia(SNKI), Fadli Zon, Mengatakan, untuk keris di Desa Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ekonomi kreatif yang bisa menghasilkan penghasilan yang layak, untuk itu memang ada peningkatan edukasi terhadap keris, dan juga karya-karya keris ini bisa di sertifikasi di masa depan sehingga lebih muda di jangkau dan dipelajari, dan juga dapat lebih muda mengapresiasi keris sebagai cagar budaya kita yang di akui oleh dunia.

“saya memilih untuk pengukuhan pengurus di Desa Aeng Tongtong, sebab disinilah pusat pengrajin keris yang ada di dunia, keris ini merupakan benda pusaka budaya yang harus dilestarikan, kita juga bisa menyampaikan kepada aparat, bahwa keris ini bukan benda tajam, maka dari itu, perlu ada sertifikasi terkait benda ini, agar tidak dikatakan benda tajam, dan juga perlu ada keterangan dan kejelasan, sehingga benda ini bisa dibawah kemana-mana.”Ungkapnya.

terdapat ribuan keris yang ada di beberapa negara, salah satunya negara belanda,negara ini banyak menyimpan keris sebagai kekayaan budaya indonesia sebanyak 1.500 keris, bertempat di museum kota Delft, Belanda. di museum inilah banyak tersimpan benda pusaka keris asli indonesia. sungguh jelas, bahwa keris merupakan cagar budaya indonesia yang di akui oleh dunia.(Arif/Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

Apa Kabar Bandara Kepulauan Kangean???

Sumenep-, Rencana pembangunan Bandar Udara (BANDARA) untuk dikepulauan Kangean bukan menjadi hal yang baru lagi, …

Minyak Kayu Putih Sumenep Menjanjikan Peningkatan Perekonomian

Sumenep-, Gelam atau Kayu putih (Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendron) merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan …

Warga Sapeken Keluhkan Pelayanan Bank BRI Unit Arjasa

Arjasa-, Warga pulau Sapeken Keluhkan program pemerintah BPUM UMKM, lantaran jadwal penerimaan dari BANK BRI …

SEBERAPA PENTINGKAH DEBAT?

Oleh : Rausi samorano (forpkot) Sumenep-, Dalam pagelaran kontestasi demokrasi baik itu pemilu maupun pilkada …

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *