Minggu , 24 Oktober 2021
Home / Sumenep / Usir Wartawan Saat Liputan, Puluhan Wartawan Sumenep Kepung Mapolres Sumenep

Usir Wartawan Saat Liputan, Puluhan Wartawan Sumenep Kepung Mapolres Sumenep

focusmadura.com-Jurnalist Sumenep gelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Sumenep

Wartawan Sumenep Gelar Aksi Unjuk Rasa Di Mapolres Sumenep Dan Kecam Keras Aksi Pengusiran Saat Liputan

Puluhan Wartawan harian yang bertugas di Kabupaten Sumenep hari ini menggelar aksi unjuk rasa di depan Mapolres Sumenep, serta mengecam keras tindakan pengusiran, yang dilakukan oleh AKP Moh. Amin (Kasat Reskrim Polres Sumenep), yang melakukan pengusiran sejumlah wartawan yang meliput di aula Sutanto pada saat terjaring nya 17 pengunjung cafe ilegal dan beberapa wanita penghibur dari cafe remang-remang tersebut.

Seluruh jurnalis lintas komunitas dari berbagai media cetak online dan elekronik di Kabupaten Sumenep,  gelar aksi demo di depan Polisi Resort (Polrest) Kabupaten Sumenep, terkait insiden pengusiran wartawan saat melakukan peliputan cafe beberapa waktu lalu, jurnalis desak desak  Kasat Reskrim AKP Nur Amin segera dimutasi dari Kabupaten Sumenep.

Koordinator aksi salah satu wartawan televis swasta sekaligus ketua Komunitas Jurnalis Sumenep Abdurahem dalam orasinya, mengatakan insiden pengusiran terhadap wartawan, yang dilakukan oleh Kasat Reskrim Polres Sumenep Moh Nur Amin telah menciderai UU Pers No. 40 Tahun 2016, yang mengamanahkan kebebasan menyampaikan amanah pendapat dan informasi.

“Dalam Undang-Undang pasal 2 diterangkan kemerdekaan Pers, dan ini yang perlu dicatat bahwa jurnalis hadir bukan untuk membunuh, melainkan memenuhi hak hak warga negara,”terangnya Senin (16/05/2016)

Selain itu ia menambahkan terkait  insiden tersebut, wartawan Sumenep mengutuk keras karena telah menghalang-halangi tugas wartawan. Bahkan ia menilai perbuatan tersebut telah mendiskriminasi wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Kami menilai indikasi tindakan Kasat Reskrim itu, telah terencana melakukan pengusiran hal itu merupakan pembunuhan karakter, terhadap para jurnalis,”ucapnya

Dikatakannya  atas sikap sok angkuh Kasat Reskrim menuntut kepada Kasat Reskrim Harus meminta maaf kepada para jurnalis, permintaan maaf tersebut harus dilakukan di depan umum dengan di saksikan oleh jurnalis, serta petinggi Polres Sumenep.

” untuk mengantisipasi kejadian berulang kasat Reskrim harus di mutasi,”terangnya

Menandatangani maklumat pernyataan jurnalis Sumenep dengan ditanda tangani oleh perwakilan jurnalis dan petinggi Polres Sumenep, dalam hal ini (Kapolres, Waka Polres, Waka Polres, Kabag OPS, Kasat Reskrim, Kasat Lantas, Kabag Humas, Kabag Sumda)

Selain itu meminta Kapolres Sumenep untuk tidak menutup diri terhadap kasus pengusiran yang dilakukan anak buhanya kepada wartawan,”kami meminta tuntutan tersebut ditindak lanjuti dan direalisasikan. Jika tidak maka para jurnalis akan melaporkan kasus kriminalisasi kedewan pers, Polda dan Polri,”ucapnya.(syem/ros/red)

 

 

About focus

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *