Kamis , 21 Oktober 2021
Home / Sumenep / Tidak Diawasi BPD, Dana Desa Dikhawatirkan Diselewengkan

Tidak Diawasi BPD, Dana Desa Dikhawatirkan Diselewengkan

ilustrasi-dana-desa

Transparansi Dana Desa Jangan Sampai Dikebiri

Sumenep- Realiasai untuk Dana Desa (DD) Alokasi Dana Desa (ADD) dikhawatirkan tidak maksimal karena tidak melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), padahal DPD mempunyai fungsi sebagai institusi yang memiliki kewengan pengawasan di tingkat desa.
hal itu disampaikan oleh Ketua BPD Desa Payudan Daleman, Kecamatan Guluk-guluk, Sandy Tyas Mulyadi, mengatakan untuk memaksimalka bantuan dana tersebut, BPD harus terlibat, karena fungsinya untuk melaksanakan pengawasan.
“Bukan karena ada dominasi dari perangkat desa, memang tidak adanya regulasi yang jelas soal keterlibatan BPD dalam realisasi dana dari Pemerintah Pusat,” ungkapnya, Jum’at (20/05/2016)

Dikatakanya dengan tidak adanya bimbingan atau pelatihan merupakan bukti BPD tidak dilibatkan untuk melakukan pengawasan terkait realisasi dana tersebut, dengan tidak adanya pelatihan dan bimbingan BPD tidak bisa melakukan pengawasan apa pun apabila di lapangan realisasi dana dari Pusat tidak sesuai petunjuk teknis.

.Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluaga Berencana (BPMP – KB) Kabupaten Sumenep, A. Masuni, membantah tidak pernah melibatkan BPD terkait realisasi DD dan ADD, menurutnya  jika BPD tidak terlibat, realisasi program Pemerintah Pusat dikhawatirkan lemah.

“BPD memang juga harus terlibat dalam realisasi DD dan ADD itu, untuk melakukan pengawasan terhadap realisasi progrma pemerintah pusat itu,”terangnya
tidak adanya pembinaan dan pelatihan, kepada BPD alasanya karena model pelatihan yang sekarang tidak sama dengan sebelumnya, Kita akan lakukan model bertatap muka muka langsung dengan perangkat desa, di situ juga harus harus ada BPD,” tegasnya.(syem/ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

(VIDEO) Kepulauan Sumenep Darurat Narkoba

 

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *