Kamis , 4 Maret 2021
Home / Lifestyle / Tak Ada Aktivitas Fisik 14 Hari Berturut-turut Bikin Gemuk

Tak Ada Aktivitas Fisik 14 Hari Berturut-turut Bikin Gemuk

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan 14 hari tak beraktivitas fisik, orang muda yang sehat dapat mengalami obesitas, kesehatan metabolik yang buruk, penurunan muskuloskeletal cepat, bahkan kematian.

Studi terbaru itu mengungkapkan, bagaimana orang dewasa muda yang hanya duduk-duduk selama dua minggu tanpa melakukan aktivitas fisik, berisiko tinggi mengurangi massa otot, kesehatan metabolik. Semua itu dapat mempercepat perkembangan penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Sementara itu, Cuthbertson dari University of Liverpool, Inggris menekankan, bagaimana pentingnya aktivitas fisik sehari-hari.

“Hasilnya, menekankan pentingnya tetap aktif secara fisik, dan menyoroti konsekuensi berbahaya dari perilaku tanpa aktivitas terus-menerus,” paparnya.

Untuk penelitian ini, tim peneliti menyelidiki faktor risiko pengembangan penyakit setelah 14 hari tak aktif secara fisik pada 28 orang sehat dengan usia rata-rata 25 tahun dan BMI rata-rata 25 kg/m2.

Setelah periode tidak aktif, perubahan signifikan dalam komposisi tubuh diamati, termasuk hilangnya massa otot rangka dan peningkatan lemak tubuh secara total.

Perubahan lemak tubuh cenderung meningkat secara terpusat, yang merupakan faktor risiko utama untuk mengembangkan penyakit kronis. Secara keseluruhan, tingkat kebugaran kardio-pernafasan menurun tajam. Kehilangan substansial pada massa otot skelet juga dicatat, dengan pengurangan total massa ramping keseluruhan tubuh, rata-rata kehilangan 0,36 kg dan massa ramping kaki, rata-rata kehilangan 0,21 kg.

“Aktivitas fisik sehari-hari kita adalah kunci untuk menghindari penyakit dan komplikasi kesehatan. Orang harus menghindari duduk dalam jangka waktu yang lama,” ujar Cuthbertson.

Penelitian tersebut dipresentasikan di Kongres Obesitas Eropa (ECO) di Portugal.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *