Minggu , 28 Februari 2021
Home / Kesehatan / Studi: Rasa Cemas Mampu Tingkatkan Kesehatan Kulit

Studi: Rasa Cemas Mampu Tingkatkan Kesehatan Kulit

Memiliki rasa khawatir atau cemas ternyata berdampak positif bagi tubuh. Faktanya, rasa khawatir pada hal tertentu memberikan manfaat besar bagi kesehatan.

Dilansir dari laman Medical Daily, psikolog Kate Sweeny menuturkan bahwa rasa khawatir mampu menjadi sebuah motivasi dalam meningkatkan kesehatan tubuh. Kate menjelaskan mengenai sisi positif rasa khawatir dalam studi Social and Personality Psychology Compass.

“Wanita dengan rasa cemas berlebihan akan lebih rajin menggunakan tabir surya dan tercatat jauh dari kanker,” ujarnya.

Menurut Kate, rasa khawatir yang timbul biasanya sebuah tanda masalah serius dan memotivasi Anda untuk segera beradaptasi dengan melakukan sesuatu. Misalnya, ada kekhawatiran tertular penyakit menular seksual, maka Anda akan segera mengambil langkah untuk memeriksa dan mencegahnya.

Kemudian, Kate menjelaskan bahwa seseorang yang terus menerus memikirkan kekhawatiran akan kesehatannya, akan menjadikan rasa khawatir sebagai sebuah stressor. Misal, mereka yang khawatir akan mengalami kecelakaan mobil, tidak akan pernah lepas dari pemasangan seatbelt-nya.

Terakhir, Kate melanjutkan, rasa khawatir memberikan tubuh perasaan lebih untuk mengatur waktu dan lebih sigap dalam menjalani suatu hal. Misal, khawatir saat akan di interview kerja, membuat Anda akan terus menerus mempersiapkan diri secara matang.

“Rasa khawatir memberikan motivasi proaktif agar tubuh memiliki kenyamanan dan kesiapan pada hal-hal buruk yang akan datang. Dalam hal ini, rasa khawatir memicu tubuh agar aktif mempersiapkan rencana B saat rencana pertama gagal,” jelasnya.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *