Kamis , 21 Oktober 2021
Home / Kesehatan / Studi: Olahraga Berlebihan Bisa Ganggu Kesuburan

Studi: Olahraga Berlebihan Bisa Ganggu Kesuburan

INT-olahraga

Anda mungkin terkejut dengan temuan ini, tapi itulah faktanya.

Olahraga secara teratur memang baik dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun bila dilakukan berlebihan justru akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti cedera dan tulang menjadi lemah sehingga mudah rapuh.

Tak hanya itu, sebuah studi terkini juga menyebutkan bahwa olahraga berlebihan ternyata dapat mengganggu kesuburan. Anda tentu terkejut dengan temuan ini, tapi itulah fakta yang didapat oleh para peneliti.

Lantas, mengapa olahraga yang dilakukan berlebihan bisa mengganggu kesuburan? Pertama, para peneliti menemukan bahwa di dalam tubuh perempuan yang berolahraga keras setiap hari memiliki kandungan tingkat hormon stres (kortisol) yang tinggi dan sebaliknya, tingkat hormon tiroid menurun.

Faktor hormonal ini, kata peneliti, akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatasi stres yang pada gilirannya akan memberikan pengaruh negatif terhadap keseimbangan hormon yang berdampak buruk pada kesuburan.

Kedua, terlalu keras berolahraga akan menurunkan lemak dalam tubuh. Padahal lemak dibutuhkan untuk menjaga tingkat kesuburan. Ini artinya, bila tubuh kekurangan lemak, maka kesuburan pun akan menurun.

Jadi, bila selama ini Anda berlebihan dalam berolahraga, mulai sekarang atur kembali frekuensinya agar mendapatkan manfaat dan terhindar dari risiko tersebut.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *