Sabtu , 6 Maret 2021
Home / Kesehatan / Studi: Jus Buah Bisa Redakan Amarahmu

Studi: Jus Buah Bisa Redakan Amarahmu

ilustrasi

Ada nutrisi dalam buah yang bisa menurunkan emosi.

Setiap hari tentu ada saja hal-hal yang membuat kita jengkel. Mulai dari kemacetan, pelaku jalan lain yang tak sabaran, hingga omongan atasan yang terasa pedas.

Jika sudah berada di puncaknya, amarah rasanya tak tertahankan lagi. Anda pun bisa saja melampiaskannya dengan memarahi balik hingga membuat orang-orang di sekitar merasa tak nyaman dengan sikap Anda.

Nah, jika sudah begini satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menenangkan suasana hati. Hati yang tenang membuat Anda dapat berpikir jernih sehingga hal-hal buruk seputar amarah bisa dicegah.

Salah satu cara untuk membuat hati tenang adalah mengonsumsi jus buah. Mengapa jus buah? Menurut psikolog di Ohio State University, Arlene Stillwell, Ph.D. bagian otak yang mengatur emosi adalah MPFC atau Medial Prefrontal Cortex.

Dengan mengirimkan gelombang glukosa yang didapat dari konsumsi jus buah, maka bagian ini akan menurunkan kadar emosi seseorang sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Kemudian atur posisi duduk Anda serileks mungkin. Banyak orang yang mencoba meluapkan amarahnya dengan sumpah serapah. Padahal hal ini hanya membuat emosi berdiam di tubuh Anda dalam waktu yang lama.

“Lalu cobalah temukan hal yang Anda cintai. Memeluk pasangan atau bermain dengan hewan peliharaan Anda, terbukti bisa mengurangi kemarahan,” ujar Arlene. (Menshealth)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *