Jumat , 26 Februari 2021
Home / Kesehatan / Studi: Brokoli Mampu Turunkan Kadar Gula Darah pada Diabetesi

Studi: Brokoli Mampu Turunkan Kadar Gula Darah pada Diabetesi

Siapa sangka, sayuran hijau brokoli memiliki khasiat dalam mengelola kadar gula darah penderita diabetes tipe 2. Menurut hasil studi yang dilakukan tim peneliti Lund University di Swedia, brokoli kaya akan sulforaphane, senyawa alami yang mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Pada penelitian yang dilakukan pada tikus berpenyakit diabetes, Annika Axelsson peneliti utama mengatakan, senyawa sulforaphane mengurangi kadar glukosa berlebihan dalam darah secara siginifikan.

Efek ini sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan pemberian metformin, obat yang diresepkan pada diabetesi. Tak hanya itu, brokoli juga mengandung kromium, dimana mendorong peningkatan sensitivitas insulin dalam tubuh yang pada gilirannya dapat mengendalikan lonjakan kadar gula darah.

Seperti diketahui diabetes tipe 2 diidap oleh 450 juta orang di dunia dan 15 persen pasien tidak dapat menggunakan obat metformin lini pertama karena berisiko menimbulkan kerusakan ginjal.

Oleh karena itu temuan ini memberi angin segar bagi diabetesi agar dapat menjadikan asupan brokoli untuk mengendalikan kadar gula darah mereka. Namun Anda harus memperhatikan cara pengolahan brokoli agar kandungan gizinya tidak rusak, yakni dengan cara dikukus, ditumis dalam waktu yang tidak terlalu lama.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *