Sabtu , 17 November 2018
Home / Nasional / Resmikan Museum Keris Sumenep, Selamat Datang Di Negeri Para Empu

Resmikan Museum Keris Sumenep, Selamat Datang Di Negeri Para Empu

Sumenep -, Semangat Sumenep sebagai kota keris dunia semakin menggelora, hal tersebut diwujudkan dengan peresmian museum keris Songenep, yang nantinya akan digrlar berbarengan dengan event festival keraton dan masyarakat ada asean ke-5,  yang akan dibuka secara resmi oleh presiden Jokowi di Sumenep,Madura pada tanggal 27-31 Oktober 2018 nanti.

Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Pemuda Olahraga Sumenep, Sufiyanto, yang menjelaskan bahwa pihaknya telah menggandeng para paguyuban perkerisan Sumenep dan ratusan pengrajin/Empu keris Sumenep dalam peresmian museum Keris Sumenep nantinya, karena demi memperkenalkan bahwa di Sumenep merupakan kiblat perkerisan,yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia yamg diakui oleh dunia.
 
” kami (pemerintah daerah) bersama para Empu/pengrajin keris telah merapatkan barisan untuk meresmikan museum keris Sumenep “, jelasnya.
 
Sementara itu menurut salah satu pengurus paguyuban perkerisan dan tosan aji Megaremeng Sumenep, Fathor, mengaku sangat mengapresiasi langkah

Pemerintah setempat yang telah berperan serta, melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia tersebut, terlebih di tengah zaman yang serba modern ini, sehingga berdampak terhadap terkikisnya warisan budaya, yang merupakan identitas sejati bangsa Indonesia ini.
” kami siap mengawal dan menyukseskan rencana pemerintah daerah Sumenep dalam melestarikan Keris dan Tosan Aji Sumenep, karena inilah jati diri sejati Bangsa Indonesia yang diakui oleh khalayak “, ungkap Fathor.
Selain itu ketua Paguyuban Pusaka dan Tosan Aji Sumenep ‘ Karaton ‘, Sugiharto, mengaku akan totalitas berkontribusi untuk mewujudkan dan memperkenalkan citra budaya Sumenep, yakni keris Sumenep, sebagaimana Sumenep menjadi kota keris satu-satunya di dunia.
” kami berkomitmen untuk mengawal citra positif budaya keris Sumenep agar men-dunia “, ujar Sugiharto.
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, menambahkan bahwa pada acara peresmian museum keris Sumenep tersebut, nantinya juga akan digelar festival keraton dan masyarakat ada asean ke-5, yang akan dibuka secara resmi oleh presiden Jokowi, dimana pada bulan tersebut merupakan hari jadi Kabupaten Sumenep yang ke-749, sehingga pihaknya akan mengajak dan mempersilahkan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Sumenep, dimana Sumenep merupakan Kabupaten ujung timur di pulau Madura.
” mari ke Sumenep, karena selain potensi destinasi wisata, Sumenep juga sejak zaman kerajaan dikenal kaya akan seni budaya dan tradisi nya “, terang Achmad Fauzi.
Selain itu Achmad Fauzi berharap agar budaya pusaka Keris juga banyak berdampak kepada semua sisi, baik dari sisi ekonomi yakni bidang perindustrian pusaka keris kamardikan yang dapat dimiliki oleh semua orang, dan dari sisi edukasi sejarah serta merupakan wujud pelestarian budaya yang harus tetap terjaga, mengingat Sumenep sebagai kota keris dunia, karena terdapat sekitar 700 lebih Empu/pengrajin keris.
” mari ke Sumenep, dan bertamu ke negeri para Empu “, ajak Achmad Fauzi.(faris/red)
 

About focus

Lihat Juga

Diduga Lakukan Pemerasan, Oknum lsm LP-KPK Diamankan Polisi Sumenep

Sumenep – Sejumlah anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) LP-KPK Komcab Sumenep Jawa Timur, diamankan Kepolisian Kabupaten …

Polemik Honor FKMA Ke V Di Sumenep, LO Surati Bupati

Polemik honorarium Liasion Officer (LO) FKMA V masih berlanjut, Hari ini, Senin, 5 November 2018, …

Nahas, Satu Mahasiswa Di Sumenep Tewas Tenggelam Di Air Terjun Rubaru

Sumenep-, Seorang Mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi swasta di Sumenep, Madura – Jawa Timur, tewas …

Dinkes Sumenep Hiasi Peringatan HKN Dengan Lomba Mural

Sumenep – Peringati hari kesehatan Nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep Madura menggelar lomba mural,  yakni yang …

INILAH UPAH BURUH PT GARAM YANG MEMILUKAN

Sumenep-, Buruh Harian Lepas yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara yakni PT. Garam dibayar …

Laka Lantas Di Sumenep, Pasangan Suami Istri Ini Tewas Di TKP

Sumenep-, Laka Lantas terjadi di Jalan Arya Wiraraja, Desa Pabian, Kecamatan Kota KM – 3, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *