Jumat , 7 Mei 2021
Home / Lifestyle / Rasa Bahagia Ternyata Bisa Menular

Rasa Bahagia Ternyata Bisa Menular

ilustrasi bahagia

Pencarian manusia adalah pencarian kebahagiaan.

Siapa yang tak ingin bahagia? Pastinya, tidak ada yang akan menjawab ‘tidak’ untuk pertanyaan itu. Tapi, bagaimanakah dan di manakah kebahagiaan dapat direngkuh?
“Pencarian manusia adalah pencarian kebahagiaan,” kata psikolog Roslina Verauli kepada media di Jakarta, Selasa (3/5/2016).
Banyak yang menyamaartikan kebahagiaan dengan hal-hal semisal uang, pekerjaan, pasangan, atau tingkat pendidikan. Semakin banyak uang yang dimiliki, semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin tinggi jabatan, semakin tampan atau cantik pasangan, maka kebahagiaan akan datang.
Kendati demikian, kebahagiaan sejatinya bersifat relatif dan subyektif. Menurut psikolog yang akrab disapa Vera itu, karena manusia punya kemampuan adaptasi dengan uang, pasangan, pekerjaan, tingkat pendidikan, dan lain-lain. Setelah mereka beradaptasi dengan yang mereka punya, tingkat kebahagiaan dalam diri pun bisa menurun kembali.
“Karena itulah kebahagiaan berasal dari dalam diri sendiri,” kata dia.
Kebahagiaan dapat dicapai melalui pemenuhan “peta kebahagiaan” yang antara lain terdiri dari “kesadaran diri”, “kepercayaan diri”, “keberanian”, “bertanggung jawab”, “fokus”, juga “lingkungan”.
“Orang-orang akan jauh lebih bahagia jika mereka berada di tengah lingkungan yang di dalamnya mereka merasa didukung,” katanya lagi.
Lingkungan menjadi penting karena kebahagiaan ternyata bersifat menular. Menurut Vera, saat seseorang sedang bersama dengan keluarga dan teman yang memiliki koneksi yang hangat, kebahagiaan sedang tertular. “Itulah mengapa Alexander Watson pernah mengatakan ‘rasa bahagia itu menular’.”
Kemajuan teknologi di berbagai bidang yang terjadi saat ini juga mampu membantu kita membawa kebahagiaan. “Teknologi memudahkan kita untuk mampu mengorganisasikan kehidupan menjadi lebih mudah agar target-target dalam hidup bisa tercapai,” tutupnya. (Insan Akbar Krisnamusi/suara.com)
 

About focus

Lihat Juga

Yang Harus Dilakukan Saat Menghadapi Tsunami

Tsunami berasal dari bahasa Jepang, tsu yang artinya pelabuhan, dan nami yang artinya gelombang. Tsunami dikenal sebagai gelombang pelabuhan …

5 Pemikiran Gila Bob Sadino yang Bisa Memotivasi Anda Untuk Sukses

Lifestyle- Pemikiran gila Bob Sadino kerap mempengaruhi banyak orang dalam dunia wirausaha. Bagaimana tidak, pemikirannya …

Perempuan Keris : Saya Masih Akan Menjadi ‘Perempuan’ Di Garis Tepi Melawan Batas Wajar

Setiap tahun, tepatnya tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Ya, Raden Ajeng Kartini adalah …

Inilah Potret Blusukan Ala Nia Kurnia Fauzi

Sumenep-, Siang itu dengan cuaca yang panas menyengat, Nia Kurnia Fauzi, Istri orang nomor dua …

Festival Batik Abaikan Keindahan Taman Adipura Sumenep

Sumenep – Pagelaran Festival Batik On The Street menyisakan pemandangan yang tidak enak, hal tersebut dibuktikan …

Dunia Pariwisata Sumenep Menjadi Primadona Bagi Wisatawan Asing

Sumenep – Kunjungan ratusan wisatawan asing ke Kabupaten Sumenep mulai menggeliat, terbukti pada trip ke dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *