Rabu , 4 Agustus 2021
Home / Kesehatan / Rajin-rajinlah Mengunyah Permen Karet dan Rasakan Manfaatnya

Rajin-rajinlah Mengunyah Permen Karet dan Rasakan Manfaatnya

ilustrasi

Permen karet bisa memicu produksi air liur.

Permen dianggap sebagai musuh utama bagi kesehatan gigi. Rasanya yang manis diyakini dapat membuat bakteri suka bersemayam dan menimbulkan sederet masalah pada gigi.

Tapi hal ini tak berlaku bagi permen karet. Bahkan, seperti disampaikan drg Oktri Manessa pendiri Klinik Gigi OMDC, permen karet bisa membantu membersihkan gigi.

Kok bisa? Oktri mengatakan, mengunyah permen karet dapat merangsang produksi air liur di dalam mulut. Air liur inilah yang berperan mencegah kondisi asam berlebihan pada mulut penyebab gigi berlubang.

“Yang membuat gigi berlubang adalah kondisi asam berlebihan pada mulut karena produksi air liur kurang. Awalnya permukaan gigi melunak hingga akhirnya berlubang,” ujarnya.

Selain itu, Oktri menambahkan, permen karet juga bisa mengangkat sisa makanan yang terjepit di sela-sela gigi dan membersihkan permukaan gigi.

“Jika permen karet yang dipilih yang mengandung xylitol maka akan lebih baik lagi, karena kandungan xylitol dapat mencegah gigi berlubang,” imbuhnya.

Wah ternyata manfaat permen karet untuk mencegah gigi berlubang sangat besar ya. Tapi Oktri mengingatkan bahwa dengan rajin mengonsumsi permen karet bukan berarti kita tak perlu lagi menyikat gigi.

“Yang harus diingat permen karet bukan untuk menggantikan fungsi sikat gigi. Harus tetap sikat gigi minimal dua kali sehari dan periksa kondisi gigi minimal enam bulan sekali ke dokter gigi,” pungkasnya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *