Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Rajin Main Teka-teki Silang, Otak 10 Tahun Lebih Muda

Rajin Main Teka-teki Silang, Otak 10 Tahun Lebih Muda

Senang bermain permainan asah otak seperti teka-teki silang? Berbahagialah Anda. Pasalnya, Anda terbebas dari risiko kepikunan saat memasuki fase lanjut usia nanti.

Keith Wesnes, Profesor di University of Exeter, Inggris, mengungkapkan orang-orang yang rajin mengisi teka teki silang memiliki otak 10 tahun lebih muda dibandingkan usia sebenarnya.

Menurut dia, permainan asah otak ini memang terbukti memengaruhi fungsi kognitif sehingga memperlambat kondisi demensia atau kepikunan yang umum dialami para lanjut usia.

Mereka yang rajin mengisi teka-teki silang juga diyakini memiliki kecepatan penalaran, hitungan, dan penyimpanan memori jangka pendek yang lebih akurat.

“Kami menemukan hubungan langsung antara frekuensi bermain teka-teki dengan kecepatan, dan ketepatan kinerja pada sembilan tugas kognitif yang menilai berbagai aspek fungsi, termasuk perhatian, penalaran dan ingatan,” kata Keith Wesnes.

Selain itu, Wesnes juga menemukan, karyawan yang senang bermain teka-teki silang secara konsisten lebih teliti dalam pekerjaannya dibandingkan karyawan lainnya yang tidak bermain teka-teki silang.

Untuk mendapatkan temuan ini,  peneliti menganalisis data lebih dari 17 ribu orang sehat berusia 50 tahun ke atas.

Peneliti juga merekomendasikan agar masyarakat menjaga pikiran tetap aktif, rajin berolahraga, menghindari merokok, dan mengonsumsi makanan sehat yang seimbang untuk membantu mengurangi risiko penyakit demensia.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *