Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Puasa Bikin Sakit Maag? Ini Penjelasan Dokter

Puasa Bikin Sakit Maag? Ini Penjelasan Dokter

Saat berpuasa, umat muslim harus menahan makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Pola makan pun akan mengalami perubahan selama bulan puasa.

Tak sedikit masyarakat yang berpikir bahwa perubahan pola makan selama puasa dapat memicu sakit maag. Benarkah anggapan tersebut?

Prof. Dr. dr Murdani Abdullah, SpPD, K-GEH, FINASIM, Konsultan Gastroenterologi dari FKUI-RSCM, mengatakan, puasa bikin maag hanyalah mitos. Justru, kata dia, dengan berpuasa, angka kejadian maag mengalami penurunan secara signifikan.

“Saat berpuasa kan perut kosong selama belasan jam, kondisi ini lebih nyaman bagi penderita maag sehingga kasus maag menurun. Itu juga terjadi di klinik kita, saat bulan puasa kasus maag menurun,” ujarnya pada Simposium yang dihelat Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Namun, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi pasien maag saat berbuka atau sahur. Beberapa di antaranya makanan cepat saji, gorengan dan makanan berlemak lainnya.

“Kalau pantangan makanan sebenarnya tidak ada. Tapi memang ada makanan yang dapat memicu rangsangan pada sistem pencernaan yang memicu maag. Sifatnya menyesuaikan pengalaman masing-masing, kalau makan asam nggak ada keluhan ya nggak masalah dimakan,” tambah Prof. Murdani.

Namun pada pasien maag akibat tukak lambung yang mengalami keluhan seperti muntah darah, BAB kehitaman, penurunan berat badan secara signifikan dan kesulitan menelan, sebaiknya mengonsultasikan kondisinya ke dokter.

“Jika mengalami tanda bahaya tersebut sebaiknya menghentikan puasa dengan menyegerakan berbuka dan konsultasi ke dokter,” jelas Prof. Murdani.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *