Jumat , 5 Maret 2021
Home / Sumenep / Polres Sumenep Akan Datangkan Labfor Polda Jatim Guna Ungkap Standarisasi Ketel Uap

Polres Sumenep Akan Datangkan Labfor Polda Jatim Guna Ungkap Standarisasi Ketel Uap

Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora saat ditemui focusmadura.com

Sumenep-, Terkait meledaknya ketel uap pabrik tahu tradisional baru beroperasi 2 kali yang terjadi pada (6/4) di Dusun Karongkong, Desa Pakondang, Kecamatan Rubaru, Sumenep, Madura – Jawa Timur, Jajaran Kepolisian Resort Sumenep akan datangkan Labfor (Laboratorium Forensik) guna mengungkap standarisasi ketel uap yang telah tewaskan 1 Bocah SMP dan 5 korban luka luka.

Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas beberapa korban mengalami luka akibat terkena cipratan air panas, isi dari ketel uap yang telah meledak milik pabrik tahu tersebut. “jadi karena tekananannya luar biasa kuat dan karena krannya tidak dibuka sehingga tekanannya berkumpul didalam ketel, hal itu mengakibatkan ketel meledak dan terlempar hingga puluhan meter”, terang AKBP Joseph Ananta Pinora, Kapolres Sumenep.

Ketel uap yang meledak tersebut menyiramkan air panas di sekitar lingkungan pabrik dan terkena pada korban 1 meninggal dunia dan 5 lainnya luka – luka. korban meninggal dunia yakni Jansen Adi Irawan, Bocah berumur 12 tahun dengan luka akibat tersiram air panas dan luka seperti terkena benda tumpul pada bagian tubuh.

“pabrik tahu baru beroperasi dua kali, produksi pertama pabrik menghasilkan 10 Slot tahu, kemudian pada produksi hari kedua pabrik mengalami kecelakaan yang menyebabkan 1 meninggal dunia dan 5 lainnya luka – luka. kecelakaan itu terjadi karena pabrik belum ahli dalam memainkan ketel uap. hari ini kita juga meminta kepada Polda Jatim untuk pengiriman personil Labfor untuk mengetahui ketel uap tersebut sudah memenuhi standart atau belum untuk sebuah pabrik tahu”, tambahnya.

Untuk korban luka – luka yang sempat menjalani perawatan medis di Puskemas saat ini sudah membaik, bahkan sebagian korban telah diperbolehkan pulang. Petugas juga akan melakukan pengecekan terkait izin beroperasi pabrik tahu tersebut. Kapolres Sumenep juga akan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk melakukan pendataan ulang terhadap pabrik – pabrik tahu yang terkait dengan Home industri, mengingat usaha home industri pabrik tahu sangat banyak, agar kejadian tersebut tak terulang kembali.(faris/Ros/red)

 

About focus

Lihat Juga

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Pria di Sumenep Ditemukan Tewas Dalam Sumur Tua Tak Berair

Sumenep- Seorang pria paruh baya di Desa Masran, Kecamatan Bluto, Sumenep-Jawa Timur ditemukan tewas di …

(VIDEO)Pendaftaran Fattah Jasin-Kiai Fikri Belum Usai, Ra-Mamak Dijemput Relawan?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *