Senin , 1 Maret 2021
Home / Kesehatan / Permen Karet ini Diklaim Mampu Deteksi Kanker

Permen Karet ini Diklaim Mampu Deteksi Kanker

Sebuah inovasi dalam dunia medis baru-baru ini ditemukan. Sebuah permen karet kini bisa mendeteksi adanya kanker dalam tubuh seseorang, caranya dengan menganalisis lewat air ludah sebagai deteksi awal adanya penyakit. Jika penelitian yang masih dikembangkan ini berhasil, maka untuk kemudian hari pasien kanker tidak perlu lagi menjalani tes darah dan tes urine.

Seperti dilansir dari laman The Sun, permen karet menyerap apa yang dikenal sebagai “volatil” dalam air liur seseorang saat mereka mengunyah. Hal ini kemudian dianalisis untuk menentukan apakah itu mengandung bahan kimia tertentu yang diproduksi dalam tubuh ketika seseorang memiliki kanker.

Katherine Bazemore, Chief Executive Volatile Analysis, perusahaan yang mendanai penelitian permen karet untuk deteksi kanker ini menjelaskan bagaimana volatil senyawa organik yang diproduksi oleh tubuh saat menginvasi kanker.

Senyawa ini unik untuk setiap jenis kanker dan oleh karena itu, berdasarkan analisis dari gusi, dokter akan dapat menentukan jenis kanker pasien.

Mereka memilih media permen karet, karena untuk beberapa kasus permen karet berada di dalam mulut untuk jangka waktu yang lama. Sehingga memungkinkan senyawa volatil tersebut diambil.

Permen karet ini masih dalam tahap pengujian sehingga terlalu dini untuk mengetahui seberapa efektif fungsinya bagi penderita kanker. Tapi produsen permen karet ini mengatakan mereka berharap untuk membuat permen karet yang tersedia untuk dokter dan pasien tahun depan.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *