Kamis , 4 Maret 2021
Home / Kesehatan / Perawatan Wajah Ini Sebaiknya Tak Dilakukan Sendiri

Perawatan Wajah Ini Sebaiknya Tak Dilakukan Sendiri

Demi memiliki wajah yang bersih, lembut, dan bercahaya, terkadang Anda memberikan berbagai macam perawatan di kulit wajah. Tapi bukan berarti Anda harus mencoba segala macam produk yang dikatakan efektif ke wajah Anda.

Menurut ahli dermatologi Brooke Jackson, MD, yang minimalis justru yang terbaik jika terkait dengan perawatan kulit. Berikut ini adalah beberapa produk perawatan yang tidak dianjurkan untuk dilakukan menurut para ahli dermatologi seperti dilansir dari TIME.

Peeling dari bahan kimia

Ahli dermatologi dari The Mount Sinai Hospital, Angela Lamb mengatakan, jangan memakai bahan peeling dari kimia yang kuat saat di rumah. Terkadang orang membeli peeling berbahan medis yang dibeli online untuk memakainya sendiri di rumah.

Lamb sudah melihat efek dari peeling ini yang bisa membuat kulit terluka dan perubahan warna kulit. Selain itu, peeling ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi.

Loofah

Saran dari Director of Image Dermatology Jeanine Downie, hindari menggunakan loofah atau alat pengikis sisa kulit mati lainnya pada wajah. Alat ini sangat abrasif dan bisa mengiritasi kulit.

Pelembap dengan kolagen

Menurut S. Majula Jegasothy, CEO dan pendiri Miami Skin Institute, molekul kolagen terlalu besar untuk bekerja di permukaan kulit. Bahan aktif ini tidak bisa menembus kulit dan Anda hanya mendapat pelembap yang mahal saja.

Scrub wajah abrasif

Tidak ada alasan bagi Anda untuk menggunakan scrub wajah yang bersifat abrasif. Scrub ini hanya akan membuat iritasi dan memicu hiperpigmentasi. Sebaiknya, bersihkan wajah menggunakan pembersih yang creamy menggunakan tangan lalu basuh menggunakan kain lembut.

Alat dengan jarum mikro

Ava Samban, ahli dermatologi yang berpraktik di Beverly Hills mengatakan, penggunaan alat ini sendiri di rumah bisa berisiko infeksi dan menimbulkan bekas lubang kecil di wajah. Penggunaan alat ini hanya dianjurkan dilakukan di klinik dan oleh ahli yang berpengalaman.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *