Minggu , 1 Agustus 2021
Home / Kesehatan / Penyakit Menular Seksual Berpotensi Tersebar Lewat Mesin ATM

Penyakit Menular Seksual Berpotensi Tersebar Lewat Mesin ATM

o_1acuv0uee1p3r1o6519ik1n2i6ega

Mulai sekarang berhati-hatilah ketika Anda ingin melakukan transaksi di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan peneliti dari New York University mengungkap, mesin ATM bisa jadi media penularan Penyakit Menular Seksual (PMS).

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa tombol pada mesin ATM menjadi tempat berkumpulnya bakteri dan virus karena banyaknya pengguna yang memakainya,” kata Jane Carlton selaku peneliti utama dilansir dari laman Zeenews.

Hasil penelitian ini berdasarkan analisis terhadap 66 mesin ATM di Manhattan, Queens, dan Brooklyn, AS. Bakteri yang ditemukan identik dengan yang ada di toilet, dapur, remote televisi dan vagina.

Jane mengatakan setiap orang memiliki virus dan bakteri di tangannya. Ketika melakukan transaksi di mesin ATM, bakteri tersebut berpindah dan menularkan penyakit ke pengguna lainnya.

“Yang berbahaya jika yang ditularkan adalah bakteri penyebab infeksi menular seksual yakni Trichomonas vaginalis,” ujarnya.

Karenanya, Jane mengimbau agar masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk mencegah penularan penyakit secara tidak langsung. Salah satunya dengan melakukan cuci tangan pakai sabun untuk membunuh bakteri berbahaya setelah menggunakan mesin ATM.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *