Sabtu , 6 Maret 2021
Home / Kesehatan / Pentingnya Menjaga Psikologi Anak Penderita Tulang Rapuh

Pentingnya Menjaga Psikologi Anak Penderita Tulang Rapuh

Osteogenesis imperfecta sering dikenal dengan penyakit tulang rapuh. Penderitanya mengalami kesulitan untuk bergerak terutama menghindari benturan karena berisiko dengan kondisi tulang. Bahkan, dengan benturan kecil yang hanya dipicu oleh tekanan napas ketika batuk pun bisa berisiko patah tulang.

Dalam masa pertumbuhannya, penderita tulang rapuh akan mengalami banyak hambatan, sehingga hanya mampu terbaring di tempat tidur.

Gejala tulang rapuh bisa diketahui sejak awal, sehingga anak-anak yang berpotensi bisa diatasi sejak dini. Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya orangtua segera menghubungi dokter ahli sehingga kemungkinan buruk akan diminimalisir sekecil mungkin.

Selain memerlukan penanganan medis jangka panjang, orangtua pasien tulang rapuh juga diwajibkan memiliki pengetahuan seputar penyakit tersebut.

Kepala Divisi Ortopedi Anak SMF Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Yoyos Ismiarto mengimbau orangtua yang memiliki anak pengidap kelainan tulang ini tetap memberikan ruang aktivitas yang sama dengan anak normal.

Menurutnya, persepsi masyarakat secara umum terhadap pengidap kelainan memang belum terbuka, bahkan si orangtua pun masih berpandangan penyakit tersebut merupakan aib.

“Seringkali di lingkungan masyarakat ada yang menganggap (pengidap osteogenesis imperfecta) adalah sebuah kegagalan, misalnya menganggap dikutuk atau apalah. Sehingga anaknya disembunyikan karena merasa malu. Padahal kalau ditangani lebih awal akan lebih baik,” kata Yoyos kepada VIVA.co.id di RSHS Bandung Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Yoyos menambahkan, untuk menjaga emosional anak pengidap kelainan ini, para orangtua agar memberikan pendampingan psikolog. Agar motivasi cita – cita dan hak pendidikan dengan anak normal lainnya agar tetap dirasakan.

“Pendidikan itu penting. Jangan sampai (pengidap osteogenesis imperfecta) berakhir di lampu merah.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *