Minggu , 28 Februari 2021
Home / Kesehatan / Omega 3 Mampu Kurangi Kerusakan Akibat Polusi Udara

Omega 3 Mampu Kurangi Kerusakan Akibat Polusi Udara

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya dengan asam lemak omega-3, secara siginifikan mampu mengurangi dampak akibat polusi udara.

Asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam sejumlah makanan, termasuk minyak ikan, kacang kedelai dan bayam, dipercaya mampu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang disebabkan oleh udara. Hal ini dibuktikan pada penelitian yang diuji coba pada tikus.

Dilansir dari laman Indian Exspress, penelitian ini juga menunjukkan bahwa partikel polusi udara bisa mempenetrasi  melalui paru-paru dan menyebar kesejumlah organ inti, termasuk otak dan testikel.

Hal ini menimbulkan kemungkinan bahwa kerusakan kesehatan yang disebabkan oleh udara beracun bahkan lebih besar daripada yang saat ini dikenal.

“Saya pasti akan merekomendasikan mengonsumsi asam lemak omega-3 untuk melawan masalah polusi udara,” ujar kepala peneliti Jing Kang, di Rumah Sakit Umum Massachusetts, bagian dari Harvard Medical School di Amerika Serikat.

Ia juga mengungkapkan bahwa asam lemak omega-3 dikenal memiliki banyak manfaat sehat lainnya dan hal utama adalah mereka tidak seperti obat, tapi nutrisi dengan begitu banyak manfaat.

“Dua sampai empat gram per hari akan setara dosis pada manusia dengan yang diberikan kepada tikus,” kata Kang.

Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat memberikan solusi praktis langsung untuk mengurangi beban penyakit polusi udara.(viva.co.id)

 

About focus

Lihat Juga

Pentingnya Ruang Keluarga untuk Hubungan Orangtua dan Anak

Ruang keluarga merupakan bagian terpenting yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan keluarga. …

Apa Bedanya Antara Hepatitis B dan C?

Penyakit hepatitis tentu tak asing lagi di telinga. Namun, penyakit hati ini terdiri dari berbagai …

Kandungan dalam Kopi Ini Bikin Anda Berumur Panjang

Tahukah Anda, ada satu keuntungan tak terduga dari secangkir kopi yang diminum di pagi hari. …

Waspada! Anak Sulit Sarapan Risiko Kekurangan Gizi Menghantui

Sarapan adalah makanan yang paling penting untuk memulai aktivitas sehari-hari. Ini penting karena seseorang harus …

Apa Manfaat Anak Ikut Lomba “17 Agustusan”? Ini Kata Psikolog

Selain upacara bendera, kegiatan yang identik dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah perlombaan. Mulai …

Risiko Penularan Hepatitis B ke Anak Masih Tinggi

Indonesia masih diintai virus hepatitis. Meski angka kejadian hepatitis di Indonesia dilaporkan menurun, masyarakat diimbau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *