Senin , 1 Maret 2021
Home / Jurnalis Masyarakat / Nikmatnya Sensasi Kaldu Soto Pentol Sumenep

Nikmatnya Sensasi Kaldu Soto Pentol Sumenep

focusmadura.com-kaldu soto pentol(Hasyim Asy’ari)

Hadir Regenerasi Kuliner Dari Kalsot Madura Yang Di  Sebut “KALSOTTOL”

focusmadura.com-, Dalam Beberapa Tahun Belakangan Bisnis Kuliner di Sumenep Berkembang Sangatlah pesat,Persaingan – persaingan antar pedagang pun sangat beragam mulai dari bentuk penyajiannya yang dibuat secara menarik dan se lezat mungkin untuk menarik pelanggannya.

Sebut Saja KALSOT (kaldu soto). Siapa sih, yang tak kenal dengan makanan yang satu ini, Bahkan Kalsot pun sudah menjadi makanan khas madura. Nah, Kali ini hadir Regenerasi dari KALSOT Yaitu Kalsottol atau yang sering disebut dengan Soto Selingkuh.

Kalsottol merupakan perpaduan antara kaldu soto dan pentol, Kalsottol ini muncul dari pemikiran Ibu Tija. Awalnya Ibu Tija hanya berjualan Kaldu ataupun Soto Biasa, namun karena ketatnya persaingan dalam perdagangan kuliner khas madura akhirnya Ibu Tija pun mulai berfikir untuk meracik masakannya itu secara menarik dan lebih lezat agar banyak orang yang membeli dagangannya.

“Awalnya saya jualan kaldu ,soto biasa dan saya juga jualan Kalsot namun karena banyaknya orang ya berjualan Kalsot di daerah saya, dagangan saya pun tidak sampai habis terjual dan penghasilan sehari-hari saya tidak mencukupi untuk membeli bahan yang harus saya jual untuk keesokan harinya, lalu saya mencoba mengikuti pelatihan memasak, setelah saya selesai mengikuti pelatihan memasak saya berfikir untuk membuat variasi baru dengan mencampurkan pentol di dalam sajian Kalsot” ujar Ibu Tija pemilik warung Kalsottol.

Ibu Tija mulai berjualan ibu Tija Menjual masakan terbarunya (Kalsottol) sejak pertengahan tahun 2015. Awalnya Dia hanya berjualan di Gardu (Tempat Santai Penduduk Setempat) dan hanya orang terdekat saja yang membeli dagangannya. akan tetapi saat ini Ibu tijah Sudah berjualan di warung dekat rumahnya sendiri yang tak jauh dengan tempat lama dia berjualan.

Berkat Kuliner racikan terbarunya itu penghasilan ibu Tija bertambah Setiap harinya dan pembeli pun bertambah, bukan hanya penduduk desa kalianget saja yang membeli namun juga banyak orang dari luar kalianget yang berkunjung untuk menikmati kuliner terbarunya tersebut. Seperti Hares salah satu pelanggan setia Ibu Tija, Hares rela jauh-jauh datang ke kalianget untuk menikmati Kalsottol. Hares mengaku masakan Kalsottol Ibu Tija sangat berbeda dengan Kaldu ataupun soto lainnya selain unik kita juga dapat menikmati berbagai macam rasa dalam satu sajian yaitu perpaduan antara Kaldu, Soto, dan Pentol.

“Kuliner ini sangat berbeda dengan yang lain, karena kita dapat menikmati berbagi macam rasa di dalam satu sajian yaitu perpaduan antara Kaldu, Soto dan Pentol, karena ada perpaduan tiga rasa orang orang sering menyebutnya Kuliner selingkuh atau Kalsottol”, ujar Hares.

Warung Ibu Tija buka setiap hari, mulai dari jam 07.00-12.00 WIB, terkecuali untuk hari libur tutupnya lebih lama yaitu sampai jam 17.00 WIB. harganya satu porsi Kalsottol atau kuliner selingkuh ini cukup relatif murah mulai dari harga 5.000-8.000 Rupiah.

Kiriman : Hasyim Asy’ari

 

About focus

Lihat Juga

Gurihnya Rengginang Lorjuk Khas Madura

Rengginang Lorjuk banyak diminati untuk oleh-oleh dan camilan     Focusmadura.com- Pernah dengar kerupuk rengginang? Mungkin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *