Minggu , 7 Maret 2021
Home / Sumenep / Next Bupati Sumenep, Calon Lain Hanya Mimpi ???

Next Bupati Sumenep, Calon Lain Hanya Mimpi ???

Sumenep -, Pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumenep Madura yang rencananya akan digelar pada tahun 2020 mendatang, beberapa sosok pun mulai bermunculan melalui hembusan isu politik di Sumenep belakangan ini.

Pengamat politik Sumenep, Achmad Fadal, menuturkan bahwa suhu politik menuju kursi M1 yang akan digelar pada tahun 2020 mendatang, diprediksi akan banyak diminati oleh sosok-sosok wajah lama, hal tersebut menurutnya didasari oleh perubahan Sumenep selama beberapa tahun terakhir ini, dimana nama Sumenep mulai nampak di permukaan kancah Nasional, salah satunya melalui sektor pariwisatanya.

” Belakangan ini Sumenep mengalami sedikit perubahan, sehingga nama Sumenep pun mulai dikenal di lingkup Nasional, inilah yang menjadi daya tarik bagi para politikus untuk menduduki kursi M-1 “, jelasnya.

Fadal juga sedikit membedah potensi sosok-sosok yang diprediksinya akan maju pada pemilihan Cabup-Cawabup 2020 nanti.

Siapa saja para tokoh tersebut, berikut nama-namanya serta ulasannya :

1. Ilyasi Siradj, yang merupakan sosok Kiai dari kecamatan Bluto Sumenep, bukan pendatang baru dalam kontestasi politik kali ini, Ilyasi pernah gagal pada Pemilu tahun 2010 lalu, dimana kala itu pada putaran pertama Ilyasi dipaksa untuk mundur lantaran perolehan suara menuju M1 tidak mencukupi, yang saat ini dipercaya menahkodai Gerindra Kabupaten Sumenep.

2. Soengkono Siddik, merupakan sosok incumbent dalam politik pemilihan Cabup dan Cawabup Sumenep, dimana Soengkono pernah mengabdi ke Sumenep, yakni sebagai PNS, yang akhirnya turut pasang badan pada pemilu 2010 sebagai wakil bupati bersama Busro Kariem. Dimana saat ini, Soengkono menjadi ketua DPC Demokrat Sumenep.

3. Dewi Khalifah, merupakan sosok perempuan tangguh yang hidup dilingkungan pondok pesantren, yang sepak terjangnya di dunia politik cukup tangguh, dimana Dewi Khalifah pernah menjabat sebagai ketua DPC Partai politik diSumenep bahkan pernah menjadi Cawabup pada pemilu 2010, yang berpasangan dengan Azasi Hasan dan menjadi Cawabup dari Zainal Arifin pada pemilu 2015 lalu, namun sayang langkahnya pada 2 moment politik tersebut saat itu harus kandas, lantaran kurangnya perolehan suara untuk menyaingi Busro Kariem yang menjabat sebagai Bupati Sumenep selama 2 periode, dimana Dewi Kholifah saat ini menjadi ketua DPC Hanura Kabupaten Sumenep.

4. Unais Ali Hisyam, sosok pria yang lahir dari lingkungan pesantren di Kecamatan Ambunten Sumenep ini mengawali karier politiknya pada tahun 1999, sebagai ketua komisi E DPRD Sumenep, dan pernah juga menjabat sebagai anggota DPR RI, yang pada saat menjelang pemilihan Cabup dan Cawabup tahun 2020 nanti, digadang-gadang maju dalam kontestasi politik Sumenep tersebut, lantaran Unais merupakan kader PKB tulen, yang memiliki potensi lebih untuk maju menuju M1.

Sementara itu, Fadal juga sedikit mengulas tentang sosok incumbent, yang diperkirakan juga turut maju dalam perebutan kursi M-1, yakni Wakil Bupati Achmad Fauzi yang juga pengusaha, dimana menurutnya Achmad Fauzi harus mengantongi rekom Parpol, karena dirinya bukan pengurus parpol, agar untuk memuluskan langkahnya, Achmad Fauzi harus memastikan rekom parpol memihak kepadanya.

” Achmad Fauzi bukan pengurus parpol, sehingga langkahnya sedikit mengkhawatirkan nantinya “, tutur Achmad Fadal.

Fadal mengakui, bahwa Achmad fauzi merupakan calon paling berpotensi diantara keempat tokoh diatas, lantaran Achmad Fauzi memiliki tempat dihati kaum millenial, namun Fadal mengaku tetap khawatir akan langkah calon petahana yang cukup membawa perubahan pada Sumenep beberapa tahun terakhir ini.(Arief)

 

About Focus Madura

Lihat Juga

Poros Jalan Desa Buddi Arjasa Berlumpur Bertahun-tahun

Sumenep-, Desa Buddi merupakan salah satu desa yang masuk dalam kecamatan Arjasa, yang terisolir ketika …

KADES SAWAH SUMUR TERINDIKASI TERLIBAT MONEY POLITIK PILKADA SUMENEP 2020

Sumenep-, Pemilihan kepala daerah Kabupaten Sumenep akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada 9 Desember 2020 …

Lambannya Proses Hukum Dugaan Ijazah Palsu Desa Kangayan

Sumenep-, Dugaan pemalsuan Ijazah yaitu dengan cara memanipulasi data pribadi kepala desa Kangayan, guna melengkapi …

KETIMPANGAN SOSIAL DITENGAH PANDEMI?

Sumenep-, Baru saja rombongan Pemkab Sumenep melakukan perjalanan Safari Kepulauan pada beberapa waktu yang lalu. …

DIRIKAN POSKO PEMENANGAN, PROJIE BLUTO MANTAPKAN DUKUNGAN KEPADA FAUZI-EVA

Sumenep-, Relawan PROJIE (probanguji-eva) secara sukarela mendirikan posko pemenangan diwilayah Kecamatan Bluto Sumenep,Madura. Gerakan pemuda …

Pria di Sumenep Ditemukan Tewas Dalam Sumur Tua Tak Berair

Sumenep- Seorang pria paruh baya di Desa Masran, Kecamatan Bluto, Sumenep-Jawa Timur ditemukan tewas di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *