Rabu , 1 Desember 2021
Home / Nasional / BI Minta Dukungan Jokowi Redenominasi Rupiah

BI Minta Dukungan Jokowi Redenominasi Rupiah

Bank Indonesia secara resmi telah meluncurkan uang rupiah dengan desain baru yang diberi nama Uang Rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Senin (19/12/2016).

Dalam pelunculannya tersebut, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo meminta restu kepada Jokowi terkait proses Rancangan Undang-undang (RUU) Redenominasi Rupiah. Dengan redenominasi ini, maka jumlah digit pada rupiah akan disederhanakan seperti Rp1.000 menjadi Rp1.

“Kami juga ingin usulkan kepada Presiden, mohon mendukung proses penyelesaian RUU Redenominasi Rupiah. Dengan adanya RUU tersebut, akan dilakukan penyederhanaan jumlah digit redenominasi rupiah serta diikuti penyesuaian harga barang dan jasa,” kata Agus di Gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2016).

Agus menjelaskan, dengan adanya redenominasi ini tidak akan mengurangi daya beli masyarakat. Pasalnya, redenominasi tidak akan mengurangi nilai rupiah (sanering) dan hal tersebut hanya membuat denominasi lebih sederhana dan efisien.

Menurutnya, dengan adanya RUU tersebut, maka akan dilakukan penyederhanaan jumlah digit denominasi rupiah. Selain itu, akan diikuti pula oleh penyesuaian harga barang dan jasa.

“Tidak akan mengurangi daya beli atau nilai rupiah, karena bukan sanering dan akan ada masa transisi selama minimal delapan tahun. Dengan dukungan presiden, kami akan melakukan koordinasi dengan Menteri Keuangan untuk penyelesaian RUU tersebut,” katanya.(suara.com)

 

About focus

Lihat Juga

JALIN KEBERSAMAAN, PT GARAM GELAR SILATURAHMI VIRTUAL DI TENGAH PANDEMI

www.focusmadura.com-, Bulan Ramadhan kali ini berbeda dengan bulan Ramadhan tahun sebelumnya. Begitu pula acara Halal Bi …

PANDEMI COVID-19, PT GARAM BERIKAN BANTUAN DANA KEMASLAHATAN UMAT

Senin (18/5), ditengah pandemi Covid-19 PT Garam (Persero) terus melakukan aksi sosial kepada masyarakat sekitar. …

Berbagi, PT Garam Gelontorkan 5000 Paket Sembako Dibeberapa Daerah

Sumenep-,  Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, PT Garam (Persero) melalui Badan Amil Zakat …

Kapolda Jatim OTT Bisnis Solar Illegal, 4 Nama Perusahaan Negara di Sumenep Ditengarai Terlibat

Sumenep -, Paska Operasi Tangkap Tangan Penyelewengan BBM jenis Solar Subsidi yang di lakukan di …

SENAPATI NUSANTARA Desak Pemerintah Segera Tetapkan Hari Keris Nasional, Ini Kata Tokoh Keris di Negeri Para Empu

Jakarta-, Paguyuban Senapati Nusantara bersama Kemendikbud berharap dan mendukung Pemerintah dalam waktu dekat untuk menetapkan …

LHKPN Kepala Daerah Jatim Diperiksa KPK, LSM Gasak : Jangan Sampai ada Atasnama dan Persoalan Lama Wajib Diproses

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dijadwalkan dalam sepekan ini akan melakukan pemeriksaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *